Developing Assessment Instruments for English Literacy in Blended Learning for Grade 7 Semester 2

Wijaya, Eka Anastasia (2022) Developing Assessment Instruments for English Literacy in Blended Learning for Grade 7 Semester 2. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2029081007-COVER.pdf

Download (936kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2029081007-ABSTRAK.pdf

Download (317kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2029081007-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (346kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2029081007-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (368kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2029081007-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (330kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2029081007-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2029081007-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (323kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2029081007-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (343kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2029081007-LAMPIRAN.pdf

Download (638kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan instrumen asesmen untuk literasi Bahasa Inggris dalam konteks pemelajaran campuran. Dengan menerapkan riset dan pengembangan sebagai desain penelitian dan model 4D oleh Thiagarajan dkk. (1974), penelitian ini menggunakan metode penelitian survei, observasi, wawancara, dan studi dokumen beserta kuesioner, lembar observasi, pedoman wawancara, dan dokumen sekolah sebagai instrumennya untuk mengumpulkan data. Pada penelitian ini, tahapan yang digunakan hanya mencapai tahap ketiga yakni tahap Pengembangan selaku bagian dari penelitian berskala besar. Adapun instrumen asesmen untuk pemelajaran campuran dengan materi otentik yang dikembangkan tergolong ‘sangat valid’ dan ‘sangat layak’ dilihat dari uji validasi isi serta uji kualitas produk dengan nilai 1,00 untuk uji validasi isi serta 96% dan 98% untuk uji kualitas produk. Asesmen insrumen yang dikembangkan sangat dibutuhkan untuk meningkatkan proses pembelajaran serta kemampuan literasi berbahasa Inggris siswa. Hal tersebut mengimplikasikan bahwa guru Bahasa Inggris sebaiknya menekankan penggunaan asesmen untuk pembelajaran serta asesmen sebagai pembelajaran pada proses belajar mengajar melihat kurangnya penekanan kedua jenis asesmen tersebut sebelumnya oleh sebagian besar guru Bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: instrumen asesmen, pemelajaran campuran, literasi Bahasa Inggris
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2)
Depositing User: Eka Anastasia Wijaya
Date Deposited: 16 Feb 2022 07:26
Last Modified: 16 Feb 2022 07:26
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9879

Actions (login required)

View Item View Item