The Role of Video in Students' Learning in the Context of Flipped Learning-Based English Interaction at SMA N Bali Mandara

Andika, I Gusti Agung Yoga (2022) The Role of Video in Students' Learning in the Context of Flipped Learning-Based English Interaction at SMA N Bali Mandara. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1512021225-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1512021225-ABSTRAK.pdf

Download (280kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1512021225-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (228kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1512021225-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (385kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1512021225-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (394kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1512021225-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (492kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1512021225-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1512021225-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (312kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1512021225-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Flipped learning adalah cara untuk meningkatkan pembelajaran yang berpusat pada siswa. Dalam model pembelajaran ini, siswa belajar sebelum kelas dimulai melalui materi pembelajaran pra kelas dengan menggunakan video pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki: (1) kontribusi video online terhadap pembelajaran bahasa Inggris siswa yang dilakukan dalam metode flipped learning di SMA N Bali Mandara; dan (2) persepsi siswa terhadap peran video online dalam pembelajaran bahasa Inggris berbasis flipped learning. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa EFL kelas dua belas SMA N Bali Mandara yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui wawancara dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video online memudahkan siswa dalam mempelajari materi pembelajaran dimanapun dan kapanpun; video online juga menjadi bahan pembelajaran yang baik dan meningkatkan pembelajaran yang berpusat pada siswa. Selain itu, siswa memiliki respon yang sangat positif terhadap penggunaan flipped learning melalui video online. Berdasarkan hasil dari penemuan dan diskusi, ini meningkatkan motivasi siswa, dan juga secara signifikan meningkatkan fleksibilitas belajar siswa, otonomi belajar, dan kemampuan bahasa Inggris siswa. Hal ini menunjukkan bahwa flipped learning berhasil mencapai tujuan instruksional. Oleh karena itu, flipped learning dikombinasikan dengan video online sangat direkomendasikan untuk digunakan dalam proses belajar mengajar bahasa Inggris. Kata Kunci: EFL, Flipped Learning, Video Online

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: EFL,Flipped Learning,Video Online
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: I Gusti Agung Yoga Andika
Date Deposited: 16 Feb 2022 12:56
Last Modified: 16 Feb 2022 12:56
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9892

Actions (login required)

View Item View Item