Perbandingan Metode TOPSIS dan AHP Sebagai Penunjang Kalkulasi Keputusan Penentuan Optimalisasi Layanan Perpustakaan Digital di Kabupaten Badung

Atmaja, I Made Dwi Suta (2022) Perbandingan Metode TOPSIS dan AHP Sebagai Penunjang Kalkulasi Keputusan Penentuan Optimalisasi Layanan Perpustakaan Digital di Kabupaten Badung. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1829101008-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1829101008-ABSTRAK.pdf

Download (407kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1829101008-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (348kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1829101008-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1829101008-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829101008-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1829101008-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (519kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829101008-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (409kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1829101008-LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Badung perlu melakukan optimalisasi terhadap layanan yang dijalankannya. Pada pelaksanaannya, pihak dinas menemui kesulitan dalam memprioritaskan aspek-aspek layanan yang perlu dilakukan optimalisasi. Layanan perpustakaan digital yang berjalan saat ini perlu dilakukan evaluasi. Model evaluasi yang bisa diaplikasikan untuk mengevaluasi layanan perpustakaan digital adalah model evaluasi Center for the Study of Evaluation-University of California in Los Angeles (CSE-UCLA). Model CSE-UCLA dikombinasikan dengan metode Technique for Order of Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) maupun Analytical Hierarchy Process (AHP) sebagai penunjang kalkulasi keputusan untuk melakukan pemeringkatan terhadap aspek-aspek yang terdapat pada komponen evaluasi layanan perpustakaan digital. Aspek dengan peringkat terendah pada setiap komponen evaluasi akan direkomendasikan sebagai aspek yang diprioritaskan untuk dioptimalisasi. Hasil perhitungan TOPSIS dan AHP dengan pembobotan berdasarkan data tiga orang pakar dibandingkan. Perbandingan pemeringkatan dilakukan dengan Hamming distance dan Euclidean distance. Hasil pemeringkatan kedua metode tersebut secara umum ralatif sama karena jumlah kriteria dan alternatif yang tidak terlalu banyak, yaitu tidak melebihi sembilan. Hasil perbandingan frekuensi aspek peringkat terendah yang diprioritaskan untuk dioptimalisasi pada system assessment baik TOPSIS maupun AHP untuk aspek “Landasan hukum” sebesar 33,33%, aspek “Visi” sebesar 33,33%, dan “Kebutuhan Dukungan Tenaga Pengelola” sebesar 33,33%. Untuk program planning, baik TOPSIS maupun AHP memiliki prioritas frekuensi pada aspek “Kesiapan anggaran Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Badung” sebesar 100%. Pada program implementation, baik TOPSIS maupun AHP memiliki prioritas frekuensi untuk aspek “Pelatihan tenaga pengelola” sebesar 100%. Pada komponen program improvement, baik TOPSIS maupun AHP memiliki prioritas frekuensi pada aspek “Pengelolaan anggaran pada layanan perpustakaan digital” sebesar 66,67%. Pada komponen program certification, untuk metode TOPSIS memiliki prioritas frekuensi pada aspek “Kepuasan pengguna” sebesar 66,67%, sedangkan pada metode AHP memiliki prioritas pada aspek “Keandalan sistem” sebesar 66,67%.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: TOPSIS, AHP, perpustakaan digital, CSE-UCLA
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Ilmu Komputer (S2)
Depositing User: I Made Dwi Suta Atmaja
Date Deposited: 16 Feb 2022 23:24
Last Modified: 16 Feb 2022 23:24
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9905

Actions (login required)

View Item View Item