Pengembangan E-modul berbasis eXeLearning dan PQ4R pada Materi Limit Fungsi untuk Siswa Kelas XI

Yanti, Kadek Ayu Novita (2022) Pengembangan E-modul berbasis eXeLearning dan PQ4R pada Materi Limit Fungsi untuk Siswa Kelas XI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1713011017-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1713011017-ABSTRAK.pdf

Download (222kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713011017-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (576kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713011017-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713011017-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (895kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713011017-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1713011017-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713011017-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (416kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1713011017-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul berbasis eXeLearning dan PQ4R yang valid, praktis, dan efektif. Pengembangan e-modul ini menerapkan tahap-tahap dari model pengembangan 4D, yang terdiri dari define, design, develop, dan disseminate. Uji coba e-modul melibatkan 15 siswa kelas XI IPA 1 di SMA Negeri 1 Kuta. Berdasarkan hasil penilaian dan uji coba e-modul diperoleh bahwa persentase rata-rata untuk kevalidan e-modul dari ahli materi dan media sebesar 92% dan 87% dengan kriteria sangat valid, angket respon siswa dan guru untuk kepraktisan e-modul sebesar 81,51% dan 86,67% dengan kriteria sangat praktis, dan ketuntasan tes prestasi belajar siswa untuk keefektifan e-modul sebesar 93,33% dengan kriteria efektif. Dengan demikian e-modul berbasis eXeLearning dan PQ4R pada materi limit fungsi untuk siswa kelas XI yang telah dikembangkan dinyatakan valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Setelah dihasilkan e-modul yang valid, praktis, dan efektif, selanjutnya e-modul disebarluaskan ke khalayak umum secara online. Namun, penyebaran e-modul yang dilakukan tidak sampai mengkaji lebih lanjut bagaimana respon atau penilaian yang diberikan terhadap e-modul untuk menyempurnakan produk akhir, sehingga hal tersebut menjadi kelemahan dari penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: E-modul, eXeLearning, PQ4R
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Kadek Ayu Novita Yanti
Date Deposited: 17 Feb 2022 07:33
Last Modified: 17 Feb 2022 07:33
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9932

Actions (login required)

View Item View Item