Sri Wahyu Purnami, Ni Luh (2022) DEVELOPING AUTHENTIC ASSESSMENT RUBRIC TO ASSESS THE ENGLISH SKILLS OF 4TH GRADE STUDENTS IN BULELENG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1812021020-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1812021020-ABSTRAK.pdf Download (417kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812021020-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (458kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1812021020-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (572kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1812021020-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (448kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812021020-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1812021020-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (353kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812021020-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (525kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1812021020-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
DEVELOPING AUTHENTIC ASSESSMENT RUBRIC TO ASSESS THE ENGLISH SKILLS OF 4 TH GRADE STUDENTS IN BULELENG By: Ni Luh Sri Wahyu Purnami, NIM 1812021020 English Language Education Department, Ganesha University of Education, Singaraja E-mail: sri.wahyu.purnami@undiksha.ac.id ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan rubrik penilaian autentik siswa kelas IV di Kabupaten Buleleng berbasis pembelajaran discovery, berbasis masalah, berbasis proyek, dan pembelajaran berbasis tugas. Metode D&D atau Desain dan Pengembangan digunakan dengan model penelitian Analisis, Desain, Pengembangan, dan Evaluasi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV. Wawancara dengan guru dan siswa, observasi, dan studi dokumen dilakukan untuk mengumpulkan data. Rubrik dikembangkan berdasarkan hasil analisis, dan disesuaikan dengan cetak biru silabus SD kelas IV. Rubrik yang dikembangkan terdiri dari metode pengajaran, instruksi guru, aktivitas sintaksis, sumber pengajaran, rubrik penilaian proses dan produk atau kinerja, penilaian diri terhadap proses, dan penilaian diri terhadap produk atau kinerja pembelajaran. Berdasarkan penilaian dari tiga ahli, rubrik tersebut dikategorikan sebagai rubrik yang “sangat baik”. Sementara itu, dari penilaian guru, salah satu guru mengkategorikan rubrik sebagai rubrik yang “baik”, dan guru lainnya memberikan kategori rubrik yang “sangat baik”. Kata Kunci: penilaian otentik, rubrik, pelajar usia dini, metode pengajaran inovatif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | penilaian otentik, rubrik, pelajar usia dini, metode pengajaran inovatif |
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Ni Luh Sri Wahyu Purnami |
Date Deposited: | 17 Feb 2022 00:55 |
Last Modified: | 17 Feb 2022 00:55 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9934 |
Actions (login required)
View Item |