DEVELOPING ASSESSMENT INSTRUMENTS FOR ENGLISH LITERACY IN BLENDED LEARNING FOR GRADE 7 SEMESTER 1

Pratiwi, Ni Putu Wismayani (2022) DEVELOPING ASSESSMENT INSTRUMENTS FOR ENGLISH LITERACY IN BLENDED LEARNING FOR GRADE 7 SEMESTER 1. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2029081022-COVER.pdf

Download (790kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2029081022-ABSTRAK.pdf

Download (134kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2029081022-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (291kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2029081022-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2029081022-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (286kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2029081022-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2029081022-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2029081022-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (259kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2029081022-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pratiwi, Ni Putu Wismayani (2022). Developing Assessment Instruments for English Literacy in Blended Learning for Grade 7 Semester 1. Tesis, Pendidikan Bahasa Inggris, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Pandemi COVID-19 telah membuat banyak perubahan termasuk bidang pendidikan, di mana model pembelajaran telah bergeser dari pembelajaran sepenuhnya offline ke pembelajaran online dan kemudian pembelajaran bauran. Pergeseran ini menimbulkan banyak masalah. Salah satunya adalah kurangnya instrumen penilaian dalam pembelajaran literasi bahasa Inggris yang dapat digunakan secara offline, online atau bauran. Untuk itu perlu dikembangkan instrumen penilaian yang dapat digunakan dalam pembelajaran bauran. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk: (1) menganalisis kebutuhan pengembangan instrumen penilaian literasi bahasa Inggris pada pembelajaran bauran kelas 7 semester 1; (2) mengembangkan instrumen penilaian literasi Bahasa Inggris pada pembelajaran bauran untuk kelas 7 semester 1; (3) mengetahui kualitas instrumen penilaian yang dikembangkan untuk literasi Bahasa Inggris pada pembelajaran bauran kelas 7 semester 1. Untuk mencapai tujuan tersebut, digunakan penelitian Research and Development (R&D), dengan menggunakan Model pengembangan 4D, yang meliputi empat tahap: (a) define (b) design, (c) develop, dan (d) disseminate. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kebutuhan yang teridentifikasi terdiri dari kebutuhan sasaran, kebutuhan peserta didik, dan kerangka penilaian yang dibutuhkan; (2) tahapan model pengembangan menghasilkan assessment of learning (AOL), assessment for learning (AFL), dan assessment as learning (AAL) yang digunakan dalam pembelajaran bauran: (3) kualitas instrumen penilaian yang dikembangkan dinilai sangat baik. Oleh karena itu, produk ini layak untuk menilai literasi bahasa Inggris pada pembelajaran bauran untuk kelas 7 Semester 1

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: assessment as learning, assessment for learning, assessment instruments, assessment of learning, blended learning, English literacy
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2)
Depositing User: Ni Putu Wismayani Pratiwi
Date Deposited: 17 Feb 2022 00:47
Last Modified: 17 Feb 2022 00:47
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9940

Actions (login required)

View Item View Item