PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATERI KPK DAN FPB UNTUK SISWA KELAS 4 SD

WIDIYADNYA, PUTU EKA BAYU (2022) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATERI KPK DAN FPB UNTUK SISWA KELAS 4 SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1613011053-COVER.pdf

Download (763kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1613011053-ABSTRAK.pdf

Download (306kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613011053-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (344kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613011053-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (392kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METOLOGI PENELITIAN)
1613011053-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (482kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613011053-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1613011053-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (319kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613011053-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (447kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1613011053-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ialah membuatkan video pembelajaran yang memenuhi persyaratan kualitas media pembelajaran, yang diharapkan bisa membantu guru membelajarkan serta membantu siswa memahami pembelajaran baik itu di sekolah juga di luar sekolah khususnya pelajaran matematika materi KPK dan FPB kelas IV SD. Jenis penelitian ini ialah penelitian dan pengembangan memakai model pengembangan 4-D. Tahapan pengembangan model 4-D yang dipergunakan mencakup tahap pendefinisian (define), tahap desain (design), serta tahap pengembangan (develop). Tahapan tadi membentuk video pembelajaran yang terdiri dari 4 video masing-masing berdurasi ± 6 menit, yaitu 2 video KPK dan 2 video FPB. Data evaluasi materi dan media dikumpulkan menggunakan instrument penelitian berupa angket yang diisi oleh ahli mater dan ahli media. Hasil penelitian meliputi rancang bangun video pembelajaran berbentuk storyboard dan video pembelajaran didesain menggunakan Adobe After Effect dengan menggambungkan unsur berupa gambar bergerak ditambahkan suara yang disatukan pada bentuk video pembelajaran. Hasil evaluasi ahli mater dan ahli media memperoleh skor rata-rata total yaitu 4.46 dengan kriteria sangat baik dan hasil uji coba pengembangan yang dilakukan pada 8 guru dan 10 siswa di Gugus I Gusti Ngurah Rai Denpasar Timur yang secara berurut memperoleh skor rata-rata 4.15 untuk respon guru dan 4.14 untuk respon siswa dengan kriteria evaluasi usability yang tinggi. Walaupun penelitian dilakukan jarak jauh atau online peneliti menyimpulkan bahwa video pembelajaran dapat diterima dengan baik oleh guru serta siswa, ini dapat dilihat dari hasil angket respon guru serta siswa dimana banyak yang menyampaikan tanggapan positif. Hal tersebut menunjukan video pembelajaran yang dikembangkan dapat dikatakan sebagai media pembelajaran yang layak digunakan dalam pembelajaran baik itu di sekolah maupun di luar sekolah. Kata kunci: video pembelajaran, KPK, FPB, model 4D

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: video pembelajaran , KPK , FPB , model 4D
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: PUTU EKA BAYU WIDIYADNYA
Date Deposited: 18 Feb 2022 17:15
Last Modified: 18 Feb 2022 17:15
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9944

Actions (login required)

View Item View Item