IMMERSIVE STORY TELLING SATUA I BELOG DENGAN TEKNIK GAMIFIKASI

putra, I Putu Andika Subagya (2022) IMMERSIVE STORY TELLING SATUA I BELOG DENGAN TEKNIK GAMIFIKASI. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
1729101067-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABTRAK)
1729101067-ABSTRAK.pdf

Download (55kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1729101067-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (178kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1719101067-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1729101067-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (590kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1729101067-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (968kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1729101067-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1729101067-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (177kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1729101057-LAMPIRAN.pdf

Download (401kB)

Abstract

Media teknologi merupakan salah satu metode yang menarik dan dianggap untuk meperkenalkan cerita rakyat seperti satua bali. Pengguna hanya membutuhkan media smartphone yang sangat kompak dan bisa di bawa kemana-mana. Pada penelitian ini membangun sebuah aplikasi Immersive yang diterapkan pada satua bali I Belog menggunakan algoritma Collision untuk memaksimalkan terjadinya interaksi, dan menggunakan algoritma Decision tree sebagai menentu alur cerita pada aplikasi. Hal ini bertujuan agar lebih efektif dan efisien meningkatkan ketertarikan dalam mengenal satua Bali khususnya satua I Belog. Aplikasi yang telah dihasilkan kemudian dilakukan pengujian yaitu dengan metode Usability dengan skala Likert. Pengujian Usability bertujuan untuk mengetahui penilaian mengenai tingkat kegunaan dari aplikasi. Pada penelitian ini. Mengunakan teknik sampling purposive sampling. Pada Pengujian usability aplikasi mendapatkan nilai sebesar 77,75 dari skala 0-100. Hal ini menunjukkan bahwa aplikasi ini memiliki tingkat usabilitas yang baik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa secara fungsionalitas penggunaan aplikasi ini dapat memberikan cara baru dalam memperkenalkan sebuah cerita rakyat atau satua bali. Satua Bali juga memberikan banyak pesan moral yang bisa di ajarkan untuk anak-anak. Kata Kunci: Satua Bali, Teknologi Immersive, algoritma Collision Detection , Decision tree, Usability

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Satua Bali, Teknologi Immersive, algoritma Collision Detection , Decision tree, Usability
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Ilmu Komputer (S2)
Depositing User: I Putu Andika Subagya Putra
Date Deposited: 21 Feb 2022 06:17
Last Modified: 21 Feb 2022 06:17
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10226

Actions (login required)

View Item View Item