Pengembangan Konten Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Administrasi Sistem Jaringan Kelas XI SMK Negeri 3 Singaraja

Alfany, Desy Aulia (2022) Pengembangan Konten Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Administrasi Sistem Jaringan Kelas XI SMK Negeri 3 Singaraja. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1715051080-COVER.pdf

Download (881kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1715051080-ABSTRAK.pdf

Download (432kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1715051080-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (592kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1715051080-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1715051080-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1715051080-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1715051080-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1715051080-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (374kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1715051080-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk konten pembelajaran interaktif serta mengetahui respons guru dan peserta didik terhadap penggunaan konten pembelajaran interaktif berbasis blended learning dengan menggunakan Articulate Storyline pada mata pelajaran Administrasi Sistem Jaringan di SMK Negeri 3 Singaraja. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan di kelas XI Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 3 Singaraja dengan jumlah 33 orang peserta didik dan 1 orang guru yang mengajar mata pelajaran Administrasi Sistem Jaringan. Data dalam penelitian ini diperoleh dari angket validasi oleh ahli isi pembelajaran, media dan desain pembelajaran, angket uji coba perorangan, kelompok kecil, lapangan, dan uji efektivitas respons peserta didik dan respons guru. Hasil perolehan nilai dari uji ahli isi, media dan desain pembelajaran memperoleh rata-rata sebesar 1,00 dengan kriteria “Sangat Valid. Pada uji coba perorangan memperoleh nilai persentase sebesar 91%, pada uji coba kelompok kecil memperoleh persentase sebesar 89.4%, dan pada uji coba lapangan memperoleh nilai persentase sebesar 91%. Pada uji efektivitas yang dilakukan melalui pemberian pretest dan posttest, memperoleh hasil perhitungan N-Gain sebesar 0,922 dengan kriteria “Efektif”. Pada uji respons peserta didik memperoleh hasil rata-rata sebesar 67.30 dengan kriteria “Sangat Positif” dan “Sangat Praktis”. Pada uji respons guru memperoleh hasil rata-rata sebesar 46 dengan kriteria “Sangat Positif” dan “Sangat Praktis”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa konten pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Administrasi Sistem Jaringan sangat valid, efektif dan sangat praktis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Konten Pembelajaran Interaktif, Articulate Storyline, Blended Learning, Administrasi Sistem Jaringan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: DESY AULIA ALFANY
Date Deposited: 23 Feb 2022 01:40
Last Modified: 23 Feb 2022 01:40
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10397

Actions (login required)

View Item View Item