Pengembangan Lingkungan Belajar Konstruksi Bangun Datar dengan Deteksi Kesalahan Konstruksi

Wirapathi, I Gusti Agung Ngurah Ratu Agung (2022) Pengembangan Lingkungan Belajar Konstruksi Bangun Datar dengan Deteksi Kesalahan Konstruksi. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1929101050-COVER.pdf

Download (951kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1929101050-ABSTRAK.pdf

Download (339kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1929101050-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (417kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1929101050-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (644kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1929101050-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (920kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1929101050-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1929101050-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (582kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1929101050-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (373kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1929101050-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pada penelitian ini, dilakukan pengembangan lingkungan belajar (learning environment) untuk peserta didik dalam belajar mengonstruksi bangun datar secara virtual. Lingkungan belajar tersebut dilengkapi sistem pakar berupa algoritma yang dapat mengevaluasi langkah-langkah konstruksi yang dilakukan oleh pengguna. Keberadaan algoritma tersebut sebagai upaya untuk mengatasi kelemahan-kelemahan dari perangkat-perangkat pembelajaran yang sudah ada ketika peserta didik belajar secara mandiri tanpa pengawasan dari pendidik. Lingkungan belajar konstruksi bangun datar dikembangkan dengan mengikuti prosedur pada model Waterfall. Hasil yang diperoleh meliputi (1) rancang bangun (storyboard); (2) algoritma deteksi kesalahan konstruksi, (3) implementasi program lingkungan belajar. Hasil yang diperoleh sudah melalui white-box testing, uji keakuratan, uji kelayakan, dan uji coba terbatas. Hasil pengujian berdasarkan white-box testing diketahuinya kompleksitas dari algoritma serta banyaknya lintasan minimum yang harus diuji. Dilihat dari tingkat keakuratan, lingkungan belajar yang dikembangkan memperoleh tingkat akurasi ≥ 80% dalam mendeteksi kesalahan konstruksi yang dilakukan. Lingkungan belajar konstruksi bangun datar juga memperoleh rata-rata skor kelayakan sebesar 4,37 dari segi media dan 4,5 dari segi materi dengan kategori sangat laik, rata-rata skor kepraktisan sebesar 4,57 dengan kategori sangat praktis dari segi penggunaan media, serta memperoleh ketuntasan klasikal sebesar 80%. Mengacu pada hasil pengujian, direkomendasikan untuk mengembangkan lingkungan belajar tersebut menjadi Intellegence Tutoring System (ITS).

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Sistem Pakar, Lingkungan Belajar, Konstruksi Bangun Datar, Intellegence Tutoring System (ITS)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Ilmu Komputer (S2)
Depositing User: I GUSTI AGUNG NGURAH RATU AGUNG WIRAPATHI
Date Deposited: 23 Feb 2022 21:21
Last Modified: 23 Feb 2022 21:21
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10485

Actions (login required)

View Item View Item