Wardani, Winda Pradika (2022) PENGEMBANGAN E-LKPD INTERAKTIF BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MATERI AKSARA BALI SISWA KELAS V SD NEGERI 8 BANJAR ANYAR KABUPATEN TABANAN TAHUN AJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031136-COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031136-ABSTRAK.pdf Download (222kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031136-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (534kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031136-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (950kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031136-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (946kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031136-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031136-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (521kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031136-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (524kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031136-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan :(1) untuk mendeskripsikan rancang bangun pengembangan E-LKPD interaktif berbasis kearifan lokal pada materi aksara Bali kelas V SD Negeri 8 Banjar Anyar Kabupaten Tabanan Tahun Ajaran 2021/2022, (2) untuk mengetahui kelayakan dari pengembangan E-LKPD interaktif berbasis kearifan lokal pada materi aksara Bali kelas V SD Negeri 8 Banjar Anyar Kabupaten Tabanan Tahun Ajaran 2021/2022 dan (3) untuk mengetahui efektivitas dari pengembangan E-LKPD interaktif berbasis kearifan lokal pada materi aksara Bali kelas V SD Negeri 8 Banjar Anyar. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Data penelitian dikumpulkan menggunakan metode wawancara, observasi, angket/kuisioner, metode tes dan dianalisis secara deskriptif kuantitatif, deskriptif kualitatif, statistik deskriptif serta statistik inferensial. Hasil penelitian pengembangan ini berupa (1) rancang bangun E-LKPD interaktif yaitu berupa LKPD yang dikemas secara elektronik berbasis kearifan lokal yang memuat materi pembelajaran dan kegiatan siswa yang bersifat interaktif yang pengembangannya melalui beberapa tahapan yaitu: (a) tahap analisis, (b) tahap desain, (c) tahap pengembangan, (d) tahap implementasi dan (e) tahap evaluasi, E-LKPD interaktif ini dinyatakan layak berdasarkan hasil uji ahli isi pembelajaran sebesar 98,7%, uji ahli media pembelajaran sebesar 98,61%, uji ahli desain pembelajaran sebesar 100%, uji coba perorangan oleh guru sebesar 97,5% dan oleh siswa 93,3%, uji coba kelompok kecil sebesar 96,1%, uji coba lapangan sebesar 95% yang keseluruhan persentase skornya dikualifikasikan sangat baik. (3) Berdasarkan hasil uji-t n=20 diperoleh nilai thitung= 6,1665 sedangkan nilai ttabel = 2,086 dengan taraf signifikansi 5%. Hal tersebut berarti thitung>ttabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa E-LKPD interaktif berbasis kearifan lokal efektif diterapkan pada muatan lokal bahasa Bali materi aksara Bali siswa kelas V SD Negeri 8 Banjar Anyar Kabupaten Tabanan Tahun Ajaran 2021/2022.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, LKPD, Interaktif, Kearifan Lokal |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Winda Pradika Wardani |
Date Deposited: | 18 Apr 2022 01:08 |
Last Modified: | 18 Apr 2022 01:08 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10614 |
Actions (login required)
View Item |