Anggreni, Ni Nyoman Dewi (2022) PENGEMBANGAN E- MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PECAHAN KELAS IV DI SD NO 2 SEMBUNG KECAMATAN MENGWI KABUPATEN BADUNG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031249-COVER.pdf Download (862kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031249-ABSTRAK.pdf Download (223kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031249-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (609kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031249-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (757kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031249-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (746kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031249-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031249-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (321kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031249-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (515kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031249-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun dan mendeskripsikan validitas media pembelajaran e-modul berbasis problem based learning muatan Matematika materi bentuk-bentuk pecahan dan hubungan diantaranya menurut para ahli dan uji coba produk. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Pengujian dilakuan oleh tiga orang ahli dengan meliputi ahli isi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran dan siswa sebagai subjek uji coba produk yang telah dikembangkan dengan meliputi uji coba perorangan dan uji coba kelompok kecil. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) sebagai langkah-langkah sistematis dalam pengembagan produk. Metode pengumpulan data yang digunakan kuesioner atau angket. Analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Media pembelajaran e-modul berbasisi problem based learning muatan Matematika dengan materi bentuk-bentuk pecahan dan hubungan diantaranya dinyatakan valid dengan: (a) hasil uji rancang bangun sudah memperoleh hasil bahwa media e-modul pembelajaran berbasis problem based learning yang dikembangkan sesuai dengan pengembangan model pengembangan ADDIE.(b)hasil review ahli isi pembelajaran memperoleh presentase (91,66%) dengan kualifikasi sangat baik, (c) hasil review ahli desain pembelajaran memperoleh presentase (93,18%) dengan kualifikasi sangat baik, (d) hasil review ahli media pembelajaran memperoleh presentase (93,18%) dengan kualifikasi sangat baik, (e) hasil uji coba perorangan memperoleh presentase (95,45%) dengan memperoleh kualifikasi sangat baik, dan (f) hasil uji coba kelompok kecil memperoleh presentase (93,43%) dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil review para ahli dan hasil subjek uji coba perorangan dan uji coba kelompok kecil, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran e-modul berbasis problem based learning adalah layak digunakan dalam pembelajaran muatan Matematika materi kegitan bentuk-bentuk pecahan dan hubungan diantaranya di kelas IV SD.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, E-modul, Problem Based Learning, Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Nyoman Dewi Anggreni |
Date Deposited: | 27 Jun 2022 01:23 |
Last Modified: | 27 Jun 2022 01:23 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10787 |
Actions (login required)
View Item |