PENGEMBANGAN PERMAINAN JENGA TEMATIK TEMA PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 1 SISWA KELAS V SD NO. 4 KEROBOKAN KUTA UTARA BADUNG TAHUN AJARAN 2021/2022

Khoridan, Alifia Nuril (2022) PENGEMBANGAN PERMAINAN JENGA TEMATIK TEMA PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 1 SISWA KELAS V SD NO. 4 KEROBOKAN KUTA UTARA BADUNG TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811031002-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811031002-ABSTRAK.pdf

Download (215kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031002-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (472kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031002-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (665kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (705kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031002-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (266kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031002-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (465kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811031002-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun dan kelayakan permainan Jenga Tematik tema peristiwa dalam kehidupan subtema 1 pembelajaran 1 untuk siswa kelas V SD No. 4 Kerobokan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model Hannafin and Peck yang memiliki tiga tahapan, yaitu tahap analisis kebutuhan (Needs Assess), tahap perancangan (Design), serta tahap pengembangan dan implementasi (Develop/Implement) yang semua tahapannya melibatkan proses evaluasi dan revisi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, angket atau kuesioner serta teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan desktiptif kualitatif . Hasil penelitian ini meliputi: (a) hasil rancang bangun permainan Jenga Tematik adalah produk berupa alat permainan edukatif yang terdiri dari 42 buah balok kayu berukuran 7,5 cm x 2,5cm x 1,5 cm dan ditiap sisi balok terdapat ikon tanda tanya, ikon kaca pembesar, ikon skip, dan ikon reverse. Permainan Jenga Tematik dilengkapi dengan buku petunjuk penggunaan, kartu aksi, kartu ringkasan materi, kartu pertanyaan dan kartu pengetahuan yang memuat materi tema peristiwa dalam kehidupan subtema 1 pembelajaran 1 kelas V SD yang terdiri dari mata pelajaran IPS, IPA, dan Bahasa Indonesia; (b) hasil uji kelayakan produk meliputi: (1) hasil penilaian uji ahli isi pembelajaran memperoleh skor persentase sebesar 95%; (2) hasil penilaian uji ahli desain pembelajaran memperoleh skor persentase sebesar 92.85%; (3) hasil penilaian ahli media pembelajaran memperoleh skor persentase sebesar 91.66%; (4) hasil penilaian uji coba perorangan memperoleh skor persentase sebesar 90.7%; dan (5) hasil penilaian uji coba kelompok kecil memperoleh skor persentase sebesar 92.6% dengan semuanya mendapat kualifikasi sangat baik. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa permainan Jenga Tematik tema peristiwa dalam kehidupan subtema 1 pembelajaran 1 untuk siswa kelas V SD No. 4 Kerobokan layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran, Permainan Jenga Tematik, Model Hannafin and Peck.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Alifia Nuril Khoridah
Date Deposited: 11 Jul 2022 02:25
Last Modified: 11 Jul 2022 02:25
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10987

Actions (login required)

View Item View Item