Faradisa, Putu Tasha Diah (2022) PENGEMBANGAN PERMAINAN EDUKASI PUZZLE BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENSTIMULASI KOGNITIF ANAK KELOMPOK B DI TK DHARMA SANTI I. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811061042-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811061042-ABSTRAK.pdf Download (214kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811061042-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (427kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811061042-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (532kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811061042-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (869kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811061042-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811061042-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (264kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811061042-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (442kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811061042-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian dilatar belakangi oleh kurangnya media pembelajaran yang digunakan guru dalam proses pembelajaran sehingga anak kesulitan dalam memahami pembelajaran dan cepat merasa bosan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun dan mengetahui kelayakan permainan edukasi puzzle berbasis multimedia untuk menstimulasi kognitif anak kelompok B di TK Dharma Santi I. Penelitian menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluasi). Subjek pada penelitian ini adalah rancang bangun pengembangan permainan edukasi, ahli isi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, uji coba perorangan yang terdiri dari tiga orang anak dan uji coba kelompok kecil yang terdiri dari Sembilan orang anak. Data diolah menggunakan teknik analisis kuantitatif. Hasil rancang bangun permainan edukasi puzzle berbasis multimedia interaktif yakni permainan edukasi, yang dibuat menggunakan aplikasi unity, yang mencakup audio, video, gambar-gambar mengenai alat komunikasi. Hasil uji kelayakan menurut ahli isi pembelajaran sebesar 96,6% dengan kualifikasi sangat baik, ahli desain pembelajaran sebesar 91,6% dengan kualifikasi sangat baik, ahli media pembelajaran sebesar 90% dengan kualifikasi sangat baik, uji coba perorangan sebesar 95% kualifikasi sangat baik, uji coba kelompok kecil 95% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pengembangan permainan edukasi puzzle berbasis multimedia interaktif untuk menstimulasi kognitif anak kelompok B di TK Dharama Santi I dengan menggunakan rancang bangun ADDIE layak digunakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Permainan Edukasi Puzzle, Multimedia Interaktif, Stimulasi Kognitif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1) |
Depositing User: | Putu Tasha Diah Faradisa |
Date Deposited: | 14 Jul 2022 02:15 |
Last Modified: | 14 Jul 2022 02:15 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11256 |
Actions (login required)
View Item |