Andi, I Nengah (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FLIPBOOK PADA MATERI SISTEM EKSKRESI UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA KELAS XI SMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1813041015-COVER.pdf Download (812kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1813041015-ABSTRAK .pdf Download (51kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813041015-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (141kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813041015-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (149kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813041015-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (156kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813041015-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1813041015-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (49kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813041015-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (124kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1813041015-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun, validitas dan kepraktisan dari media pembelajaran berbasis flipbook pada materi sistem eksresi untuk meningkatkan literasi sains siswa kelas XI SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan mengacu pada model pengembangan ADDIE yang meliputi tahap analisis (analyze), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation), dan tahap evaluasi (evaluation). Uji validitas dilakukan oleh 2 orang ahli yaitu ahli media dan ahli materi. Uji kepraktisan melibatkan 3 orang guru biologi dan 12 orang siswa di SMA Negeri 1 Kintamani. Siswa tersebut dibedakan berdasarkan kemampuan yang dimiliki yaitu 4 orang siswa berkemampuan tinggi, 4 siswa berkemampuan sedang, dan 4 siswa berkemampuan rendah. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan rancang bangun yang disusun menghasilkan produk media pembelajaran berbasis flipbook pada materi sistem eksresi untuk meningkatkan literasi sains siswa, validitas media pembelajaran berbasis flipbook sebesar 84,4% dengan kriteria sangat valid, dan kepraktisan flipbook sebesar 90,6% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, flipbook yang dikembangkan sangat valid dan sangat praktis sebagai media pembelajaran pada materi sistem ekskresi untuk meningkatkan literasi sains siswa kelas XI SMA.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Flipbook, Literasi Sains, rancang bangun, validitas, dan kepraktisan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LT Textbooks |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | I Nengah Andi |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 01:28 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 01:28 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11910 |
Actions (login required)
View Item |