Pengembangan Laboratorium Maya Interaktif Terintegrasi LMS MOODLE Pada Pembelajaran Fisika SMA

Sudana, I Nyoman Madu (2022) Pengembangan Laboratorium Maya Interaktif Terintegrasi LMS MOODLE Pada Pembelajaran Fisika SMA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2023071001-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2023071001-ABSTRAK.pdf

Download (145kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2023071001-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (243kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2023071001-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2023071001-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2023071001-BAB 4 HAIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2023071001-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2023071001-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (206kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2023071001-LAMPIRAN.pdf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk laboratorium maya terintegrasi LMS MOODLE pada pembelajaran fisika yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas XI SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan Luther, meliputi tahap 1) concept, 2) design, 3) material collecting, 4) assembly, 5) testing, dan 6) distribution. Data pada penelitian ini dikumpulkan dengan teknik pemberian angket validasi, angket kepraktisan dan tes hasil belajar fisika. Uji efektivitas produk menggunakan rancangan One Group Pretest-Posttest Design. Data hasil penelitian di analisis dengan analisis validasi Gregory, N-gain score ternormalisasi dan analisis skor rata-rata. Hasil uji validitas produk menunjukkan bahwa (1) validitas materi laboratorium maya berdasarkan Koefisien Validitas Gregory (KVG = 0,88) dengan kualifikasi sangat baik, (2) validitas media laboratorium maya ( x ̅= 96,12) dengan kualifikasi sangat valid dan (3) validitas bahasa pada media laboratorium maya (x ̅= 97,67) dengan kualifikasi sangat valid. Hasil uji kepraktisan menunjukkan bahwa (1) laboratorium maya sangat praktis dari praktisi guru (x ̅= 97,57) dan (2) laboratorium maya sangat praktis dari praktisi siswa dalam uji coba perorangan (x ̅= 95,37) dan kelompok (x ̅= 91,22). Hasil uji efektivitas produk menunjukkan bahwa (1) peningkatan hasil belajar fisika siswa memperoleh kriteria sedang (<g> = 0,66). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa (1) Rancang bangun laboratorium maya memiliki karakteristik sesuai dengan pendekatan konstruktivis dan terintegrasi fitur LMS MOODLE, (2) laboratorium maya telah memperoleh penilaian yang valid, (3) laboratorium maya telah memperoleh penilaian yang praktis, dan (4) laboratorium maya efektif meningkatkan hasil belajar fisika siswa. Kata-kata kunci: Laboratorium maya, MOODLE, Pembelajaran fisika

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Laboratorium maya, MOODLE, Pembelajaran fisika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan IPA (S2)
Depositing User: I Nyoman Madu Sudana
Date Deposited: 22 Jul 2022 04:34
Last Modified: 22 Jul 2022 04:34
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12541

Actions (login required)

View Item View Item