PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBASIS STEM TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA

Purwasila, Gede Eka Juni (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBASIS STEM TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1923071023-Cover.pdf

Download (653kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1923071023-Abstrak.pdf

Download (253kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1923071023-Bab 1 Pendahuluan.pdf

Download (507kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1923071023-Bab 2 Kajian Teori.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1923071023-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (890kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1923071023-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (953kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1923071023-Bab 5 Penutup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (378kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1923071023-Daftar Pustaka.pdf

Download (523kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1923071023-Lampiran.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis perbedaan keterampilan berpikir kritis antara siswa yang mengikuti model flipped classroom berbasis STEM dan siswa yang belajar dengan model direct instruction (2) menganalisis perbedaan hasil belajar antara siswa yang mengikuti model flipped classroom berbasis STEM dan siswa yang belajar dengan model direct instruction. (3) menganalisis keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar antara siswa yang mengikuti model flipped classroom berbasis STEM dan siswa yang belajar dengan model direct instruction. Jenis Penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan penelitian Pretest-Posttest non Equivalent Control Group Design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Kristen 1 Harapan Denpasar tahun pelajaran 2021-2022 yang terdiri atas 361 siswa. Pengambilan sampel penelitian berdasarkan teknik cluster random sampling diperoleh 4 kelas sebagai sampel dengan 2 kelas eksperimen dan 2 kelas kontrol dengan jumlah sampel 140 siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes keterampilan berpikir kritis dan tes hasil belajar. Instrumen tes diuji tingkat validasi, reabilitas, daya beda dan tingkat kesukaran soal. Data yang telah terkumpul dianalisis secara deskriptif dan MANOVA. Hasil penelitian ini menemukan skor rata-rata Gain Score untuk keterampilan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan model flipped classroom berbasis STEM dan pembelajaran direct instruction berturut-turut adalah 0,76 dengan kriteria tinggi dan 0,50 dengan kriteria sedang. Peningkatan aspek memberikan penjelasan sederhana, membangun keterampilan dasar, menarik kesimpulan, memberikan penjelasan lebih lanjut, dan mengatur strategi dan taktik semunya berkualitas tinggi. Rata-rata Gain Score untuk hasil belajar siswa berturut-turut adalah 0,67 dengan kriteria sedang dan 0,41 dengan kriteria sedang. Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa peningkatan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model flipped classroom berbasis STEM lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran direct instruction.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Flipped Classroom, STEM, Keterampilan Berpikir Kritis, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan IPA (S2)
Depositing User: Gede Eka Juni Purwasila
Date Deposited: 22 Jul 2022 07:51
Last Modified: 22 Jul 2022 07:51
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12610

Actions (login required)

View Item View Item