Purwasila, Gede Eka Juni (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBASIS STEM TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1923071023-Cover.pdf Download (653kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1923071023-Abstrak.pdf Download (253kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1923071023-Bab 1 Pendahuluan.pdf Download (507kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1923071023-Bab 2 Kajian Teori.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1923071023-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (890kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1923071023-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (953kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1923071023-Bab 5 Penutup.pdf Restricted to Repository staff only Download (378kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1923071023-Daftar Pustaka.pdf Download (523kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1923071023-Lampiran.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis perbedaan keterampilan berpikir kritis antara siswa yang mengikuti model flipped classroom berbasis STEM dan siswa yang belajar dengan model direct instruction (2) menganalisis perbedaan hasil belajar antara siswa yang mengikuti model flipped classroom berbasis STEM dan siswa yang belajar dengan model direct instruction. (3) menganalisis keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar antara siswa yang mengikuti model flipped classroom berbasis STEM dan siswa yang belajar dengan model direct instruction. Jenis Penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan penelitian Pretest-Posttest non Equivalent Control Group Design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Kristen 1 Harapan Denpasar tahun pelajaran 2021-2022 yang terdiri atas 361 siswa. Pengambilan sampel penelitian berdasarkan teknik cluster random sampling diperoleh 4 kelas sebagai sampel dengan 2 kelas eksperimen dan 2 kelas kontrol dengan jumlah sampel 140 siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes keterampilan berpikir kritis dan tes hasil belajar. Instrumen tes diuji tingkat validasi, reabilitas, daya beda dan tingkat kesukaran soal. Data yang telah terkumpul dianalisis secara deskriptif dan MANOVA. Hasil penelitian ini menemukan skor rata-rata Gain Score untuk keterampilan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan model flipped classroom berbasis STEM dan pembelajaran direct instruction berturut-turut adalah 0,76 dengan kriteria tinggi dan 0,50 dengan kriteria sedang. Peningkatan aspek memberikan penjelasan sederhana, membangun keterampilan dasar, menarik kesimpulan, memberikan penjelasan lebih lanjut, dan mengatur strategi dan taktik semunya berkualitas tinggi. Rata-rata Gain Score untuk hasil belajar siswa berturut-turut adalah 0,67 dengan kriteria sedang dan 0,41 dengan kriteria sedang. Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa peningkatan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model flipped classroom berbasis STEM lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran direct instruction.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Flipped Classroom, STEM, Keterampilan Berpikir Kritis, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan IPA (S2) |
Depositing User: | Gede Eka Juni Purwasila |
Date Deposited: | 22 Jul 2022 07:51 |
Last Modified: | 22 Jul 2022 07:51 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12610 |
Actions (login required)
View Item |