SANDJAYA, I KOMANG HERRY SUSARIANTHA (2022) Pengembangan Virtual Tour Dinamis Pada Museum Subak-Tabanan. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1815051109-COVER.pdf Download (934kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1815051109-ABSTRAK.pdf Download (367kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1815051109-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (354kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
1815051109-BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (642kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1815051109-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (643kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1815051109-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1815051109-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (309kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1815051109-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (330kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1815051109-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Pengembangan Virtual Tour Dinamis Pada Museum Subak-Tabanan merupakan sistem Informasi yang dibutuhkan oleh Dinas Kebudayaan Kabupatan Tabanan sebagai media informasi dan arsip Museum Subak menjadi destinasi wisata budaya. Penggunaan media informasi yang berbasis digital pada Museum Subak masih kurang, sehingga sangat diperlukan sebuah media informasi digital di Dinas Kebudayaan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Museum Subak Khususnya. Sistem informasi ini akan mengajak pengguna dalam menikmati dan melihat keadaan bagaimana lingkungan pada Museum Subak. Pengguna atau pengunjung virtual tour dapat mengikuti panorama yang di tampilkan sehingga dirasakan menjadi sebuah pengalaman seolah-olah berada di Museum Subak. Pengembangan Virtual Tour Dinamis Pada Museum Subak-Tabanan menggunakan metode waterfall. Metode ini memilki empat tahapan yang ada yaitu tahapan analisis, desain, pengembangan dan, pengujian. Dalam pengujian ahli isi mendapatkan nilai koefisien sebesar 1,00, dan hasil dari pengujian ahli media mendapatkan nilai koefisien sebesar 1,00. sehinga dari uji ahli isi dan uji ahli media dapat dikatagorikan kevalidan “Sangat Tinggi” dengan kriteria “Sangat Valid”. Taham uji respon menerapkan metode User Experience Questionnaire (UEQ) mendapat respon dari daya Tarik mendapatkan hasil 2.338, Kejelasan mendapatkan hasil 2.275, Efisiensi mendapatkan hasil 2.342, Ketepatan mendapatkan hasil 2.238, Stimulan mendapatkan hasil 2.338, dan Kebaruan mendapatkan hasil 2.300. Hasil dari pemaparana penilaian User Experience Questionnaire (UEQ) menunjukan kesan yang positif terhadap pengembangan virtual tour. Kata kunci: Virtual Tour, Sistem Informasi, Museum Subak, Panorama 360, dan User Experience Questionnaire
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Virtual Tour, Sistem Informasi, Museum Subak, Panorama 360, dan User Experience Questionnaire |
Subjects: | T Technology > TR Photography T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | I Komang Herry Susariantha Sandjaya |
Date Deposited: | 22 Jul 2022 12:36 |
Last Modified: | 22 Jul 2022 12:36 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12640 |
Actions (login required)
View Item |