Pengembangan Virtual Tour Dinamis Pada Museum Subak-Tabanan

SANDJAYA, I KOMANG HERRY SUSARIANTHA (2022) Pengembangan Virtual Tour Dinamis Pada Museum Subak-Tabanan. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1815051109-COVER.pdf

Download (934kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1815051109-ABSTRAK.pdf

Download (367kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1815051109-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (354kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
1815051109-BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (642kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1815051109-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (643kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1815051109-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1815051109-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1815051109-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (330kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1815051109-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pengembangan Virtual Tour Dinamis Pada Museum Subak-Tabanan merupakan sistem Informasi yang dibutuhkan oleh Dinas Kebudayaan Kabupatan Tabanan sebagai media informasi dan arsip Museum Subak menjadi destinasi wisata budaya. Penggunaan media informasi yang berbasis digital pada Museum Subak masih kurang, sehingga sangat diperlukan sebuah media informasi digital di Dinas Kebudayaan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Museum Subak Khususnya. Sistem informasi ini akan mengajak pengguna dalam menikmati dan melihat keadaan bagaimana lingkungan pada Museum Subak. Pengguna atau pengunjung virtual tour dapat mengikuti panorama yang di tampilkan sehingga dirasakan menjadi sebuah pengalaman seolah-olah berada di Museum Subak. Pengembangan Virtual Tour Dinamis Pada Museum Subak-Tabanan menggunakan metode waterfall. Metode ini memilki empat tahapan yang ada yaitu tahapan analisis, desain, pengembangan dan, pengujian. Dalam pengujian ahli isi mendapatkan nilai koefisien sebesar 1,00, dan hasil dari pengujian ahli media mendapatkan nilai koefisien sebesar 1,00. sehinga dari uji ahli isi dan uji ahli media dapat dikatagorikan kevalidan “Sangat Tinggi” dengan kriteria “Sangat Valid”. Taham uji respon menerapkan metode User Experience Questionnaire (UEQ) mendapat respon dari daya Tarik mendapatkan hasil 2.338, Kejelasan mendapatkan hasil 2.275, Efisiensi mendapatkan hasil 2.342, Ketepatan mendapatkan hasil 2.238, Stimulan mendapatkan hasil 2.338, dan Kebaruan mendapatkan hasil 2.300. Hasil dari pemaparana penilaian User Experience Questionnaire (UEQ) menunjukan kesan yang positif terhadap pengembangan virtual tour. Kata kunci: Virtual Tour, Sistem Informasi, Museum Subak, Panorama 360, dan User Experience Questionnaire

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Virtual Tour, Sistem Informasi, Museum Subak, Panorama 360, dan User Experience Questionnaire
Subjects: T Technology > TR Photography
T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: I Komang Herry Susariantha Sandjaya
Date Deposited: 22 Jul 2022 12:36
Last Modified: 22 Jul 2022 12:36
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12640

Actions (login required)

View Item View Item