IMPLEMENTASI TEKNOLOGI KOMUNIKASI TERHADAP MINAT BACA DAN KETERSEDIAAN SUMBER BELAJAR SEBAGAI PENUNJANG PRESTASI SISWA DI SMA NEGERI 1 SAWAN

Valentino, Hambandima (2022) IMPLEMENTASI TEKNOLOGI KOMUNIKASI TERHADAP MINAT BACA DAN KETERSEDIAAN SUMBER BELAJAR SEBAGAI PENUNJANG PRESTASI SISWA DI SMA NEGERI 1 SAWAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1512011065-COVER (1).pdf

Download (627kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1512011065-ABSTRAK-1 (1).pdf

Download (285kB)
[img] Text (BAB 1)
1512011065-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (294kB)
[img] Text (BAB 2)
1512011065-BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (396kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
1512011065-BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
1512011065-BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (732kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
1512011065-BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1512011065-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (363kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1512011065-LAMPIRAN.pdf

Download (587kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara pemanfaatan dengan baik dan tepat penggunaan teknologi komunikasi terhadap minat baca siswa di SMA Negeri 1 Sawan. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif.Penelitian kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati.Metode kualitatif merupakan metode yang fokus pada pengamatan yang mendalam, oleh karenanya penulis menggunakan metode kualitatif agar menghasilkan kajian atas suatu fonomena yang lebih komprehensif. Penulis akan mengungkap penyebab berkurangnya minat baca siswa pada era perkembangan teknologi yang begitu pesat, faktor yang menyebabkan siswa mulai meninggalkan buku yang merupakan sumber belajar utama diera perkembangan teknologi komunikasi, serta sulusi atas Kurangnya keterampilan guru dalam mengaplikasikan teknologi komunikasi sebagai sumber belajar bagi siswa di SMA Negeri 1 Sawan.Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah :Selama proses pembelajaran menggunakan teknologi kemunikasi sebagai sumber belajar,Selama melaksanakan proses pembelajaran siswa lebih cenderung melakukan aktivitas secara individu seperti mengerjakan tugas lain yang menurut mereka lebih penting daripada belajar, dan cenderung pemakaian alat teknologi komunikasi (Hp) didalam kelas. Ada siswa yang berkomunikasi dengan teman sekitarnya hingga menimbulkan keributan di dalam kelas. Selain itu, ada siswa yang sering keluar kelas, dan siswa dari kelas lain yang sering mengganggu teman yang sedang belajar dengan alasan meminjam buku pelajaran”. Hal ini menyebabkan keadaan kurang kondusif dan guru kesulitan mengajar karena harus mengajar dua kali agar siswa mampu memahami materi yang diajarkan.Atas berbagai permasalahan itulah saya sebagai peneliti merasa penggunaan teknologi harus dimanfaatkan secara efektif, agar siswa tidak hanya menggunakan teknologi komunikasi sebagai sumber hiburan semata, tetapi juga sebagai sumber belajar bagi mereka. Solusi Perbaikan yang Dapat Diberikan dalam kegiatan belajar mengajar di SMA Negeri 1 Sawan Selama kegiatan belajar mengajar di dalam kelas, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar pembelajaran menjadi lebih efektif, efesien, serta membuat kelas menjadi kondusif dan nyaman sehingga siswa mau memperhatikan materi yang diajarkan oleh guru. Adapun solusi yang bisa ditawarkan untuk menangani permasalah yang terjadi di dalam kelas sebagai berikut: (1) memanfaatkan teknologi komunikasi sebagai sumber belajar, (2) Penyiapan media pembelajaran, (3) metode dan strategi pembelajaran menggunakan teknologi komunikasi. Kata kunci : Teknologi Komunikasi, Minat Baca, Sumber Belajar This study aims to find out how to properly and appropriately use communication technology on students' reading interest in SMA Negeri 1 Sawan. The research design used is qualitative research. Qualitative research is a research procedure that produces descriptive data in the form of written or spoken words from people and observable behaviors. Qualitative methods are methods that focus on in-depth observations, therefore the authors use this method. qualitative research in order to produce a more comprehensive study of a phenomenon. The author will reveal the causes of reduced student interest in reading in the era of rapid technological development, the factors that cause students to start leaving books which are the main learning resources in the era of communication technology development, as well as solutions to the lack of teacher skills in applying communication technology as a learning resource for students in high school. Negeri 1 Sawan. The methods used in this research are interview, observation, and documentation methods. The results of this study are: During the learning process using communication technology as a learning resource, during the learning process students are more likely to carry out individual activities such as doing other tasks that they think are more important than learning, and tend to use communication technology tools (Hp) in the classroom. There are students who communicate with their friends around them to cause a commotion in the class. In addition, there are students who often leave class, and students from other classes who often disturb friends who are studying with the excuse of borrowing textbooks”. This causes a less conducive situation and teachers find it difficult to teach because they have to teach twice so that students are able to understand the material being taught. It is for these problems that I as a researcher feel that the use of technology must be used effectively, so that students do not only use communication technology as a source of entertainment alone, but also as a learning resource for them. Keyword : Communication Technology, Reading Interest, Learning Resources

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Teknologi Komunikasi, Minat Baca, Sumber Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Valentino Hamba Ndima
Date Deposited: 19 Oct 2022 05:26
Last Modified: 19 Oct 2022 05:26
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13007

Actions (login required)

View Item View Item