Krisna Darmawan, I Made (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS BLENDED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PENGELOLAAN BISNIS RITEL KELAS XI BDPM DI SMK NEGERI 1 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1815051059-COVER.pdf Download (697kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1815051059-ABSTRAK.pdf Download (108kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1815051059-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (48kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1815051059-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (291kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1815051059-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (406kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1815051059-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1815051059-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (81kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1815051059-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (108kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1815051059-LAMPIRAN.pdf Download (10MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat media pembelajaran interaktif berbasis blended learning tema manajemen ritel untuk kelas XI, dan untuk mengetahui respon guru dan siswa terhadap pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis blended learning. Manajemen ritel subjek. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (analisis, desain, pengembangan, implementasi, evaluasi). Penelitian dilaksanakan di Kelas XI Program Keahlian Bisnis Online dan Pemasaran di SMK Negeri 1 Singaraja dengan jumlah siswa 30 orang dan 1 orang guru pengajar manajemen bisnis ritel. Metodologi pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan alat validasi berupa angket tes individu, uji coba kelompok kecil, uji coba kelompok besar/lapangan, dan angket respon guru dan siswa. Keefektifan media pembelajaran interaktif divalidasi melalui Uji Validasi Ahli Konten dan Uji Validasi Ahli Media dan Desain, mencapai skor rata-rata 1,00 dan termasuk dalam kriteria efikasi tinggi. Untuk menguji keefektifan penggunaan media pembelajaran interaktif dihitung menggunakan rumus N-Gain dan mendapat nilai 0,76 termasuk dalam kriteria validitas. Hasil rata-rata respon guru dan siswa terhadap kesesuaian praktis media pembelajaran interaktif adalah 45 dan 66,63 yang merupakan salah satu kriteria sangat praktis. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media pembelajaran interaktif berbasis mixed learning pada mata pelajaran komersial dapat digunakan untuk memenuhi kriteria kualitas produk yaitu kevalidan (sangat valid), efektifitas (efektif) dan kepraktisan (sangat praktis). Kata Kunci: Pengelolaan Bisnis Ritel, Blended Learning, Media Pembelajaran Interaktif, Bisnis Daring dan Pemasaran, ADDIE.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengelolaan Bisnis Ritel, Blended Learning, Media Pembelajaran Interaktif, Bisnis Daring dan Pemasaran, ADDIE |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | I Made Krisna Darmawan |
Date Deposited: | 21 Oct 2022 13:43 |
Last Modified: | 21 Oct 2022 13:43 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13543 |
Actions (login required)
View Item |