Putra, I Kadek Jeki Lesmana (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Adaptif Kaidah Pencacahan Dengan Teknik Detour Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Kelas XII SMA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2023011010-COVER.pdf Download (456kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2023011010-ABSTRAK.pdf Download (71kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2023011010-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (248kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2023011010-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (219kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2023011010-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (183kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2023011010-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2023011010-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (79kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2023011010-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (132kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2023011010-LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
Penggunaan media pembelajaran yang dapat mengakomodasi keberagaman gaya belajar dan kemampuan peserta didik sangat dibutuhkan dalam pembelajaran yang berpusat kepada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran adaptif dengan teknik detour terkait materi kaidah pencacahan yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika peserta didik. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui karakteristik media dan pelaksanaan pembelajaran menggunakan media adaptif. Penelitian ini adalah penelitian desain dengan menggunakan model Plomp yang terdiri dari 3 fase, yaitu tahap studi pendahuluan, pengembangan prototipe, dan penilaian. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara, angket dan tes. Hasil uji validitas produk menunjukkan bahwa media memiliki nilai validitas 3,48 yang berada dalam kategori valid. Rata rata skor keterlaksanaan memperoleh skor 3,58 dan mencapai kategori sangat praktis, rata rata skor respon peserta didik 3,47 pada kategori praktis dan rata rata skor respon guru 3,75 pada kategori sangat praktis. Hasil uji efektifitas dari hasil tes pemahaman konsep memperoleh skor 96,47 berada pada kriteria tuntas dengan persentase ketuntasan 100%. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran adaptif dengan teknik detour pada materi kaidah pencacahan berkualitas valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika peserta didik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Adaptif, Teknik detour, Pemahaman Konsep Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S2) |
Depositing User: | I Kadek Jeki Lesmana Putra |
Date Deposited: | 24 Jan 2023 16:13 |
Last Modified: | 24 Jan 2023 16:13 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13695 |
Actions (login required)
View Item |