PENGARUH PROJECT BASED E-LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN PRESTASI BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK KELAS X SMK NEGERI 1 TEMBUKU

Aktafianto, Robert Anton (2023) PENGARUH PROJECT BASED E-LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN PRESTASI BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK KELAS X SMK NEGERI 1 TEMBUKU. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (2129031020-COVER)
2129031020-Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text (2129031020-ABSTRAK)
2129031020-Abstrak.pdf

Download (241kB)
[img] Text (2129031020-BAB 1 PENDAHULUAN)
2129031020-Bab 1 Pendahuluan.pdf

Download (405kB)
[img] Text (2129031020-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129031020-Bab 2 Kajian Teori.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (481kB) | Request a copy
[img] Text (2129031020-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129031020-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (659kB) | Request a copy
[img] Text (2129031020-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129031020-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (2129031020-BAB 5 PENUTUP)
2129031020-Bab 5 Penutup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB) | Request a copy
[img] Text (2129031020-DAFTAR PUSTAKA)
2129031020-Daftar Pustaka.pdf

Download (479kB)
[img] Text (2129031020-LAMPIRAN)
2129031020-Lampiran.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based E-Learning terhadap keterampilan berpikir kritis, dan prestasi belajar IPAS. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan pre-test post test non ekuivalen control group design. Populasi penelitian ini adalah kelas X SMK Negeri 1 Tembuku Tahun Pelajaran 2022/2023 sebanyak 10 kelas (259 siswa). Sampel penelitian ini diambil menggunakan teknik group random sampling, 2 kelas ditentukan sebagai sampel dan dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Data keterampilan berpikir kritis dikumpulkan dengan tes uraian dan data prestasi belajar IPAS dikumpulkan dengan tes pilihan ganda diperluas . Analisis data menggunakan uji statistik Multivariate Analysis of Covarian (MANCOVA) satu jalur dan dilanjutkan dengan uji LSD. Pengujian hipotesis menggunakan taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis dan prestasi belajar IPAS antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran Project Based e-Learning dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran Direct e-Learning (2) terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran Project Based e-Learning dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran Direct e-Learning (3) terdapat perbedaan prestasi belajar IPAS antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran Project Based e-Learning dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran Direct e-Learning. Model Project Based e-Learning berpengaruh lebih besar dibandingkan dengan Direct e-Learning terhadap keterampilan berpikir kritis dan prestasi belajar IPAS siswa kelas X SMKN 1 Tembuku.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Project Based E-Learning, Keterampilan Berpikir Kritis, Dan Prestasi Belajar IPAS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Administrasi Pendidikan (S2)
Depositing User: ROBERT ANTON AKTAFIANTO
Date Deposited: 07 Feb 2023 03:52
Last Modified: 07 Feb 2023 03:52
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13819

Actions (login required)

View Item View Item