Ulandari, Ni Kadek Yuwika (2023) PENGEMBANGAN KOMIK DIGITAL BERBASIS PROYEK PADA MUATAN IPS MATERI JENIS-JENIS USAHA DAN KEGIATAN EKONOMI SISWA KELAS V DI SD NEGERI 22 DAUH PURI DENPASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031174-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031174-ABSTRAK.pdf Download (215kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031174-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (512kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031174-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (776kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031174-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031174-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031174-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (395kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031174-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (377kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031174-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun, kualitas isi, desain, media, uji perorangan, dan uji kelompok kecil serta efektivitas media komik digital berbasis proyek pada muatan IPS materi jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi siswa kelas V di SD Negeri 22 Dauh Puri Denpasar. Jenis dari penelitian ini adalah pengembangan dengan mengadaptasi model ADDIE. Subjek uji coba menggunakan 24 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan analisis statistik inferensial uji t. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berupa komik digital berbasis proyek ini digunakan dalam proses pembelajaran yaitu sebagai berikut: (1) Ahli rancang bangun memperoleh skor 90,90% dengan kualifikasi sangat baik, (2) Ahli materi pembelajaran memperoleh skor 91,66% dengan kualifikasi sangat baik, ahli desain memperoleh skor 90,00% dengan kualifikasi sangat baik, ahli media pembelajaran memperoleh skor 87,50% dengan kualifikasi baik, uji coba perorangan memperoleh skor 82,50% dengan kualifikasi baik dan uji kelompok kecil memperoleh skor 80,83% dengan kualifikasi baik. (3) Uji efektivitas produk didapatkan dari uji statistik uji-t sehingga memperoleh Ttabel sebesar 1,68 dan Thitung sebesar 19,08 untuk db = 23 dan taraf signifikan 5% = 1,71. Hal ini berarti Thitung > Ttabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, dengan demikian terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan menggunakan komik digital berbasis proyek sehingga dapat disimpulkan bahwa media komik digital berbasis proyek efektif digunakan dalam proses pembelajaran materi jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi siswa kelas V di SD Negeri 22 Dauh Puri Denpasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ADDIE, komik digital, proyek. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Yuwika Ulandari |
Date Deposited: | 14 Feb 2023 00:34 |
Last Modified: | 14 Feb 2023 00:34 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13917 |
Actions (login required)
View Item |