PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MUATAN IPA KELAS V DI SD NEGERI 1 BANJAR TEGAL PADA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Putri, Arisa Aprilia (2023) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MUATAN IPA KELAS V DI SD NEGERI 1 BANJAR TEGAL PADA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911021044-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911021044-ABSTRAK.pdf

Download (402kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911021044-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (526kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911021044-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (828kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911021044-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911021044-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911021044-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (371kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911021044-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (566kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911021044-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui rancang bangun multimedia pembelajaran interaktif pada muatan IPA. (2) mengetahui hasil validitas multimedia pembelajaran interaktif pada mata pelajaran IPA menurut para ahli isi mata pelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran dan uji coba produk. (3) mengetahui hasil efektifitas pembelajaran interaktif pada mata pelajaran IPA. Penelitian pengembangan multimedia pembelajaran interaktif ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian yaitu: 1 ahli isi mata pelajaran, 1 ahli desain pembelajaran, 1 ahli media pembelajaran, 3 siswa untuk uji perorangan, dan 9 siswa untuk uji kelompok kecil. Data yang dikumpulkan adalah data kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan metode metode kuesioner/angket dan motede tes. Analisis data yang digunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan analisis statistik infernsial. Hasil penelitian menunjukan. (1) Rancang bangun multimedia pembelajaran interaktif ini terdiri dari lima tahap yaitu tahap analisis (analyze), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation), dan tahap evaluasi (evaluation). (2) Multimedia pembelajaran interaktif ini dinyatakan valid dengan: (a) hasil review ahli isi mata pelajaran menunjukkan predikat sangat baik (98,6%). (b) hasil review ahli desain pembelajaran menunjukkan predikat sangat baik (92%) (c) hasil review dari ahli media pembelajaran menunjukkan predikat sangat baik (95%). (d) hasil uji perorangan menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif ini mendapatkan predikat sangat baik yaitu (90,7%). (e) hasil review dari uji kelompok kecil menunjukkan predikat sangat baik (91,3%). (3) Efektivitas multimedia pembelajaran interaktif berbasis problem based learning pada muatan IPA menunjukkan hasil t_hitung > t_tabel, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan multimedia pembelajaran interaktif berbasis problem based learning pada muatan IPA siswa kelas V SD Negeri 1 Banjar Tegal tahun pelajaran 2022/2023. Saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini yaitu agar media video pembelajaran ini dapat digunakan secara optimal dalam proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa serta mempermudah dalam memahami materi pelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: multimedia pembelajaran interaktif, ADDIE, Problem Based Learning.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Arisa Aprilia Putri
Date Deposited: 19 Feb 2023 02:43
Last Modified: 19 Feb 2023 02:43
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14049

Actions (login required)

View Item View Item