DEVELOPING ANDROID ENGLISH GAME-BASED LEARNING MEDIA FOR 6TH GRADE PRIMARY SCHOOL STUDENTS

Pratami, I Gusti Ayu Putu Suantari (2023) DEVELOPING ANDROID ENGLISH GAME-BASED LEARNING MEDIA FOR 6TH GRADE PRIMARY SCHOOL STUDENTS. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1912021048-COVER.pdf

Download (798kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1912021048-ABSTRAK.pdf

Download (201kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1912021048-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (347kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1912021048-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1912021048-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (368kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1912021048-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1912021048-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (319kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1912021048-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (447kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1912021048-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan game Android Bahasa Inggris sebagai media pembelajaran untuk siswa kelas 6. Pengembangan game ini mengacu pada Design and Development (D&D) dan ADDIE model oleh Richey & Klein (2007). Terdapat lima tahapan untuk mengembangkan game yaitu, tahap analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Inggris dan siswa kelas 6 di SD Negeri 1 Astina. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar observasi, panduan wawancara, lembaran validasi ahli, dan kuseioner untuk pengguna. Pada tahapan analisis peneliti melakukan observasi, wawancara, dan analisis silabus. Berdasarkan hasil analisis, terdapat 3 topik yang relevan untuk dikembangkan ke dalam game yaitu Holiday, Narrative Text, dan Fable. Produk final yang dihasilkan adalah dalam bentuk aplikasi yang bisa dimainkan pada Android. Untuk mengetahui kualitas game yang telah dikembangkan, penilaian para ahli dilakukan. Dari hasil penilaian para ahli, menunjukan bahwa game Android Bahasa inggris untuk siswa kelas 6 sangat valid. Selain itu, implementasi game dilakukan dengan menggunakan satu orang guru bahasa inggris dan lima orang siswa kelas 6. Setelah melakukan implementasi, pengguna memberikan evaluasi dengan mengisi kuesioner. Hasil evaluasi dari guru dan siswa menyatakan bahwa game layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pendidikan, teknologi, media pembelajaran, siswa sekolah dasar, game
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: I Gusti Ayu Putu Suantari Pratami
Date Deposited: 21 Feb 2023 05:33
Last Modified: 21 Feb 2023 05:33
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14087

Actions (login required)

View Item View Item