Survey Penggunaan Game Edukasi Digital Sebagai Media Pembelajaran Oleh Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Buleleng

Putra, I Putu Andika Satyana (2023) Survey Penggunaan Game Edukasi Digital Sebagai Media Pembelajaran Oleh Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Buleleng. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811031260-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811031260-ABSTRAK.pdf

Download (204kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031260-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (230kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031260-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031260-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (702kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031260-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (571kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031260-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031260- DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (334kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811031260-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan data terkait penggunaan game edukasi digital sebagai media pembelajaran oleh guru sekolah dasar di Kabupaten Buleleng. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode survey. Data penelitian ini dikumpulkan dengan kuesioner, yang kemudian di analisis secara deskriptif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil bahwa Guru sekolah dasar di Kabupaten Buleleng sudah cukup sering menggunakan game edukasi digital sebagai media pembelajaran, yakni sebanyak 52 guru (53.06%) dari total 98 sampel berada pada ketegori cukup; aplikasi game edukasi digital yang paling banyak digunakan adalah Quizziz; alasan penggunaan game edukasi digital yang utama yaitu game edukasi digital dapat meningkatkan kognitif siswa; keuntungan utama yang dirasakan dalam penggunaan game edukasi sebagai media dalam pembelajaran yaitu membuat proses belajar menjadi lebih efisien; dan kendala utama yang dialami yaitu berkaitan dengan internet yang tidak mendukung dan juga aplikasi game edukasi digital yang kerap mengalami error sehingga harus mengulang dari awal

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Game edukasi digital, Media pembelajaran, Survey
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Putu Andika Satyana Putra
Date Deposited: 22 Feb 2023 07:36
Last Modified: 22 Feb 2023 07:36
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14389

Actions (login required)

View Item View Item