Suardika, Kadek (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH CS6 PADA MATERI SISTEM AIR CONDITIONER MOBIL. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
Text (COVER)
1915071013-COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1915071013-ABSTRAK.pdf Download (462kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1915071013-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1915071013-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
1915071013-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1915071013-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1915071013-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (599kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1915071013-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (667kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1915071013-LAMPIRAN.pdf Download (14MB) |
Abstract
Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash CS6 Dengan Materi Sistem Air Conditioner Pada Mobil. Penelitian ini dilatar belakangi pada Saat menyampaikan materi sistem AC Mobil menggunakan media powerpoint dan beberapa coretan di papan tulis, buku modul yang tersedia tidak dibaca dan dipahami dengan baik oleh siswa. Disebabkan karena isinya berupa teks, video yang ditampilkan guru di depan kelas bersumber dari youtube sehingga memerlukan jaringan internet dan variasi media pembelajaran guru yang digunakan dalam penyampaian materi belum maksimal diantaranya belum tersedianya media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash CS6 pada materi sistem AC Mobil. Oleh karena itu peneliti mengembangkan sebuah media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash CS6 sebagai sarana proses belajar mengajar yang bisa di akses tanpa menggunakan jaringan internet. Diharapkan media pembelajaran yang peneliti kembangkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi ahli media, ahli materi dan uji coba lapangan. Model pengembangan menggunakan model penelitian ADDIE yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Hasil data kuantitatif dengan skala. Berdasarkan uji intrumen ahli materi di dapat persentase 88,46% yang dikategorikan sangat layak sedangkan uji intrumen ahli media di dapat persentase 90% yang dikategorikan sangat layak untuk diterapkan ke siswa. Uji coba lapangan diklasifikasikan menjadi dua yaitu uji coba kelompok kecil dengan jumlah 29 siswa didapatkan persentase 91,31% yang dikategorikan sangat praktis dan uji coba kelompok besar dengan jumlah 58 siswa didapatkan persentase 90.86% yang dikategorikan sangat praktis untuk diterapkan pada siswa. Dari pernyataan tersebut media yang dikembangkan layak untuk digunakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Adobe Flash, Air Conditioner |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Teknik Mesin (S1) |
Depositing User: | Kadek Suardika |
Date Deposited: | 14 Jul 2023 07:12 |
Last Modified: | 14 Jul 2023 07:12 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15660 |
Actions (login required)
View Item |