PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA KELAS V SEKOLAH DASAR

Rahayu, Ni Made Sita (2023) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA KELAS V SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031143-COVER.pdf

Download (308kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031143-ABSTRAK.pdf

Download (44kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031143-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (163kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031143-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031143-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (340kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031143-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (585kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031143-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031143-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (190kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031143-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif berbasis problem based learning pada materi perubahan wujud benda kelas V sekolah dasar yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini menggunakan model ADDIE dalam proses pengembangan. Model ADDIE terdiri dari 5 tahap yaitu tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap implementasi dan tahap evaluasi. Subjek pengembangan ini adalah multimedia interaktif berbasis model problem based learning pada materi perubahan wujud benda kelas V sekolah dasar dan objeknya adalah validitas, kepraktisan, dan efektivitas multimedia interaktif yang dikembangan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuesioner, observasi dan tes. Hasil penelitian pengembangan multimedia interaktif berbasis problem based learning yang dikembangkan adalah valid, praktis dan cukup efektif diterapkan dalam proses pembelajaran yang dibuktikan dengan uji validitas dari ahli materi 0,93, ahli desain pembelajaran 0,91 dan ahli media 0,91; uji kepraktisan dari respon siswa melalui uji coba perorangan sebesar 93,89%, uji coba kelompok kecil sebesar 90,55% dan observasi keterlaksanaan kegiatan pembelajaran sebesar 93,33%; serta uji efektivitas dengan uji-t berkorelasi memperoleh hasil t hitung 8,75 lebih besar dari nilai t tabel untuk dk = 32 pada taraf signifikansi 5% 2,04 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Uji N-gain score data pretest dan posttest memperoleh nilai N-gain score yaitu 63% termasuk pada kategori cukup efektif. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pengembangan multimedia interaktif berbasis problem based learning sangat valid, praktis dan cukup efektif diterapkan pada muatan IPA materi perubahan wujud benda untuk kelas V sekolah dasar dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: multimedia interaktif, problem based learning, perubahan wujud benda
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Ni Made Sita Rahayu
Date Deposited: 10 Jul 2023 00:07
Last Modified: 10 Jul 2023 00:07
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15679

Actions (login required)

View Item View Item