Dewi, Ni Kadek Kristia (2023) Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Animasi pada Muatan Pelajaran Matematika untuk Siswa Kelas IV di SD Negeri 2 Penglatan. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911021046-COVER.pdf Download (399kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911021046-ABSTRAK.pdf Download (51kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911021046-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (193kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911021046-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (198kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911021046-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (467kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911021046-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (775kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911021046-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (119kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911021046-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (185kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911021046-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun, kelayakan, dan efektivitas video pembelajaran berbasis animasi pada muatan pelajaran matematika untuk siswa kelas IV di SD Negeri 2 Penglatan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (analyze, design, development, implementation, and evaluation). Metode pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dan metode tes. Subjek uji coba penelitian ini adalah ahli isi pelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, uji perorangan, uji kelompok kecil dan siswa kelas IV di SD Negeri 2 Penglatan. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu teknik analisis deskriptif kualitatif, analisis deskriptif kuantitatif, dan statistik inferensial uji-t. Hasil penelitian pengembangan ini adalah video animasi, meliputi hasil: (1) rancang bangun pengembangan video pembelajaran berbasis animasi yaitu tahapan analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi; (2) hasil uji coba produk meliputi: Penilaian dari ahli desain pembelajaran yaitu 96,66% (sangat baik), penilaian dari ahli media pembelajaran yaitu 93,75% (sangat baik), hasil uji coba perorangan, yaitu 99,44% (sangat baik) dan hasil uji coba kelompok kecil yaitu 98,86% (sangat baik); (3) video pembelajaran berbasis animasi efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV di SD Negeri 2 Penglatan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | video, animasi, matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Kristia Dewi |
Date Deposited: | 14 Jul 2023 00:52 |
Last Modified: | 14 Jul 2023 00:52 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16005 |
Actions (login required)
View Item |