Dewi, Kadek Kristin Karina (2023) THE DEVELOPMENT OF WEBSITE GAMES AS LEARNING MEDIA FOR 4th-GRADE ELEMENTARY STUDENTS IN THE SECOND SEMESTER. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1912021108_COVER.pdf Download (638kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1912021108_ABSTRAK.pdf Download (389kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1912021108_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (362kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1912021108_BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (249kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1912021108_BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (563kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1912021108_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1912021108_BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (205kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1912021108_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (351kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1912021108_LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan game website sebagai media pembelajaran untuk siswa kelas 4 sekolah dasar pada semester dua. Disebabkan oleh banyak guru belum mengimplementasikan teknologi ke dalam proses pembelajaran, terutama pada abad ke 21 ini. Banyak guru masih mengimplementasikan metode konvensional yang mana hanya menggunakan buku teks sebagai sumber utama pembelajaran dan media pembelajaran. Fenomena ini berarti jika penggunaan teknolgi dalam proces pembelajaran masih jarang di implementasikan. Akan tetapi, sistem pembelajaran pada abad ke 21 harus mengimplementasikan teknologi pada proses pembelajaran. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas 4 sekolah dasar dan seorang guru bahasa Inggris. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain dan pengembangan (D&D) oleh Richey & Klein (2007). ADDIE (analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi) model di implementasikan dalam proses desain dan pengembangan. Terdapat beberapa instrumen penelitian yang digunakan dalam proses pengambilan data, yang bernama panduan wawancara kepada guru bahasa Inggris, lembar observasi untuk mengobservasi proses pembelajaran di kelas, analisis dokumen dalam bentuk modul pembelajaran dan alur tujuan pembelajaran, lembar penilaian ahli untuk ahli pendidikan, dan lembar kuisioner pengguna untuk guru dan lima siswa sekolah dasar kelas 4.Hasil penelitian ini adalah prototype game website. Terdapat lima topik materi dan kuis pada game ini. Topik pertama adalah be on time, topik kedua adalah I go to school after having breakfast, topik ketiga adalah he always gets up at 5 o’clock. Topik keempat adalah how do you go to school?, dan topik terakhir adalah he goes to school by bike. Data dari lembar penilaian ahli dan lembar kuisioner pengguna dikumpulkan untuk di analisis untuk mengetahui kualitas dan efektivitas dari game yang telah di kembangkan. Hasil dari analisis data menunjukkan bahwa prototype game website dikualifikasi sebagai media yang sangat valid. Oleh karena itu, game website ini layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran untuk siswa skelas 4 sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran, pelajar muda, gamifikasi, pembelajaran abad ke-21 |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Kadek Kristin Karina Dewi |
Date Deposited: | 19 Jul 2023 09:10 |
Last Modified: | 19 Jul 2023 09:10 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16365 |
Actions (login required)
View Item |