Mirayani, Putu (2023) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Masalah Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas X. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2123011017-Cover.pdf Download (792kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2123011017-Abstrak.pdf Download (147kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2123011017-Bab 1 Pendahuluan.pdf Download (175kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2123011017-Bab 2 Kajian Teori.pdf Restricted to Repository staff only Download (382kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2123011017-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (683kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2123011017-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2123011017-Bab 5 Penutup.pdf Restricted to Repository staff only Download (40kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2123011017-Daftar Pustaka.pdf Download (252kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2123011017-Lampiran.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pembelajaran matematika sangat penting dipelajari untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa, terutama dalam memecahkan permasalahan yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari siswa. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh karakteristik multimedia pembelajaran interaktif berbasis masalah materi SPLTV untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X yang valid, praktis, dan efektif. Pengembangan multimedia interaktif dengan model Plomp dengan tahapan-tahapan: (1) Preliminary Research (Studi Awal), (2) Prototyiping (Prototipe), (3) Assesment (Penilaian). Instrumen penelitian menggunakan angket dan tes kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 7 Denpasar. Validitas multimedia di validasi oleh 2 ahli materi dan 1 ahli media dengan rata-rata hasil validasi berturut-turut adalah 0,89% dan 0,86% memenuhi kriteria valid. Kepraktisan dievaluasi dengan memberikan angket respon siswa dan guru. Hasil uji kepraktisan multimedia menunjukkan rata-rata angket respon siswa dan angket respon guru berturut-turut sebesar 0,88 dan 0,86 berada pada kriteris sangat baik. Efektivitas dievaluasi dengan memberikan angket Triple-E Framework pada guru dan tes kemampuan pemecahan masalah pada siswa. Hasil angket Triple-E Framework menunjukkan terdapat pengaruh yang tinggi antara tujuan pembelajaran dan multimedia pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi SPLTV. Serta nilai rata-rata tes kemampuan pemecahan masalah siswa sebesar 84,03% dengan klasifikasi baik, secara garis besar siswa mampu menyelesaikan permasalahan yang diberikan sehingga mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Karakteristik pembelajaran multimedia materi SPLTV bersifat interaktif dan erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari siswa yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Dengan demikian, disimpulkan bahwa karakteristik multimedia pembelajaran interaktif berbasis masalah materi SPLTV untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X memenuhi aspek valid, praktis, dan efektif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Masalah, Kemampuan Pemecahan Masalah, Materi SPLTV |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S2) |
Depositing User: | Putu Mirayani |
Date Deposited: | 23 Jul 2023 02:37 |
Last Modified: | 23 Jul 2023 02:37 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16499 |
Actions (login required)
View Item |