Jayantha, I Gusti Bagus (2023) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Strategi Konflik Kognitif Pada Materi Segitiga dan Segiempat Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII SMP. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1923011020-COVER.pdf Download (421kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1923011020-ABSTRAK.pdf Download (265kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1923011020-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (286kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1923011020-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (415kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1923011020-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (417kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1923011020-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (647kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1923011020-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (277kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1923011020-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (302kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1923011020-LAMPIRAN.pdf Download (815kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh data dalam penelitian sebelumnya serta hasil observasi yang dilakukan peneliti yang menunjukan rendahnya tingkat kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas VII SMP. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika dengan strategi konflik kognitif pada materi segitiga dan segiempat yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII SMP. Penelitian ini merupakan penelitian desain yang mengembangkan perangkat pembelajaran dengan mengikuti prosedur penelitian pengembangan perangkat pembelajaran sesuai tahap preliminary research, prototyping, dan assessment. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa buku siswa dan buku petunjuk guru. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Gerokgak dengan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, kuisioner serta tes kemampuan berpikir kritis. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah perangkat pembelajaran matematika dengan strategi konflik kognitif yang valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa VII SMP. Adapun karakteristik buku siswa dengan strategi konflik kognitif yang valid, praktis, dan efektif adalah adanya penyajian masalah kontekstual yang menantang, adanya diskusi konflik, pemberian ruang untuk pemikiran reflektif, adanya penalaran logis dan kemampuan analisis serta penyediaan umpan balik dan pemecahan masalah. Untuk karakteristik buku petunjuk guru dengan strategi konflik kognitif adalah adanya contoh tugas dan masalah dengan strategi konflik kognitif, skenario pengajaran dengan konflik kognitif, adanya pertanyaan untuk berpikir kritis, strategi pemecahan masalah serta adanya evaluasi dan umpan balik. Dengan karakteristik perangkat pembelajaran matematika yang telah dikembangkan, penerapan pembelajaran dengan strategi konflik kognitif pada materi segitiga dan segiempat akan mengarahkan siswa untuk mencapai kompetensi berpikir kritis dalam pemecahan masalah. Dengan demikian, kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII SMP menjadi lebih baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perangkat pembelajaran matematika, strategi konflik kognitif, kemampuan berpikir kritis |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S2) |
Depositing User: | I Gusti Bagus Jayantha |
Date Deposited: | 24 Jul 2023 02:03 |
Last Modified: | 24 Jul 2023 02:03 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16657 |
Actions (login required)
View Item |