Pratama, I Putu Angga Tangkas (2023) PENGGUNAAN APLIKASI SKETCHBOOK PADA SMARTPHONE DALAM PEMBELAJARAN PADA PEMBELAJARAN SENI RUPA KELAS XII MIPA 3 DI SMA NEGERI 1 SUSUT. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (1912031002-COVER)
1912031002-COVER.pdf Download (579kB) |
|
Text (1912031002-ABSTRAK)
1912031002-ABSTRAK.pdf Download (410kB) |
|
Text (1912031002-BAB 1 PENDAHULUAN)
1912031002-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (368kB) |
|
Text (1912031002-BAB 2 KAJIAN TEORI)
1912031002-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (488kB) | Request a copy |
|
Text (1912031002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1912031002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (253kB) | Request a copy |
|
Text (1912031002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1912031002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (589kB) | Request a copy |
|
Text (1912031002-BAB 5 PENUTUP)
1912031002-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (246kB) | Request a copy |
|
Text (1912031002-DAFTAR PUSTAKA)
1912031002-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (362kB) |
|
Text (1912031002-LAMPIRAN)
1912031002-LAMPIRAN.pdf Download (945kB) |
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk menggambarkan proses pembelajaran seni rupa dengan memanfaatkan media digital aplikasi Sketchbook pada smartphone di SMA Negeri 1 Susut. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kendala dalam proses pembelajaran seni rupa dengan memanfaatkan media digital aplikasi Sketchbook pada smartphone di SMA Negeri 1 Susut. Susut. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif. Informasi Penelitian ini diperoleh berdasarkan penjelasan dari narasumber yakni Guru pada mata pelajaran Seni Budaya dan siswa di SMA N 1 Susut. Siswa yang diteliti yaitu menggunakan sample data, dimana siswa dipilih secara acak 12 siswa dari 30 siswa dalam kelas XII MIPA 3. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini didapatkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa gambaran proses pembelajaran seni rupa dengan memanfaatkan media digital aplikasi Sketchbook pada smartphone di SMA Negeri 1 Susut yaitu dari 12 siswa, 7 siswa terlihat sangat antusias dan terlibat secara aktif dalam menggunakan aplikasi dan 5 siswa perlu waktu dalam mempelajari bagaiamana penggunaan aplikasi ini dengan kreatif dan memperbaiki kualitas karya seni rupa mereka. Kendala dalam proses pembelajaran seni rupa dengan memanfaatkan media digital aplikasi Sketchbook pada smartphone di SMA Negeri 1 Susut yaitu 1) keterbatasan pada alat, 2) Kendala pada proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sketchbook, Smartphone, Seni Rupa |
Subjects: | N Fine Arts > ND Painting |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Seni dan Desain > Program Studi Pendidikan Seni Rupa (S1) |
Depositing User: | I Putu Angga Tangkas Pratama |
Date Deposited: | 23 Jul 2023 14:32 |
Last Modified: | 23 Jul 2023 14:32 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16680 |
Actions (login required)
View Item |