PENGEMBANGAN GAME EDUKASI BERBASIS MASALAH PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI SD NEGERI 4 PANGKALANBARU

Aprima, Aprima (2023) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI BERBASIS MASALAH PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI SD NEGERI 4 PANGKALANBARU. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (2129071022-COVER)
2129071022-Cover.pdf

Download (721kB)
[img] Text (2129071022-ABSTRAK)
2129071022-Abstrak.pdf

Download (252kB)
[img] Text (2129071022-BAB 1 PENDAHULUAN)
2129071022-Bab 1 Pendahuluan.pdf

Download (423kB)
[img] Text (2129071022-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129071022-Bab 2 Kajian Teori.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (764kB) | Request a copy
[img] Text (2129071022-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129071022-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (2129071022-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129071022-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (2129071022-BAB 5 PENUTUP)
2129071022-Bab 5 Penutup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (385kB) | Request a copy
[img] Text (2129071022-DAFTAR PUSTAKA)
2129071022-Daftar Pustaka.pdf

Download (481kB)
[img] Text (2129071022-LAMPIRAN)
2129071022-Lampiran.pdf

Download (7MB)

Abstract

Pembelajaran pendidikan pancasila masih dianggap pembelajaran yang membosankan dan kurang menarik bagi siswa. Hal ini terjadi karena isi materi yang banyak serta media pembelajaran yang digunakan masih kurang bervariasi dan inovatif sehingga menyebabkan kurangnya pemahaman dan minat siswa dalam pembelajaran pendidikan pancasila di Kelas IV SD Negeri 4 Pangkalanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun, kelayakan media, efektivitas dan respon guru serta siswa pada saat penerapan game edukasi berbasis masalah pada mata pelajaran pendidikan pancasila di Kelas IV. Pengembangan game edukasi berbasis masalah pada mata pelajaran pendidikan pancasila di SD Negeri 4 Pangkalanbaru menggunakan metode pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari 6 tahapan pengembangan. Tahapan-Tahapan tersebut terdiri dari; 1. Concept; 2. Desaign; 3. Material Collecting; 4. Assembly; 5. Testing; 6. Distribution. Penelitian pengembangan ini melalui tahap pengujian alpha testing yaitu pengujian oleh para ahli dan beta testing oleh pengguna yaitu siswa dan guru untuk mengetahui kelayakan dan respon siswa terhadap game edukasi berbasis masalah pada mata pelajaran pendidikan pancasila. Hasil penilaian alpha testing terhadap tingkat kelayakan materi sebesar 1,00 dan media sebesar 1,00 dengan kategori sangat tinggi. Beta testing diperoleh rata-rata respon siswa uji perorangan besar 91,11%, uji kelompok kecil sebesar 91, 26 %, dan Uji kelompok besar 88,21%. Keberhasilan penelitian pengembangan ini ditunjukan dengan hasil belajar posttest sebesar 87,71 kategori baik. Berdasarkan hasil uji-t terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa kelas IV sebelum dan sesudah diterapkannya game edukasi berbasis masalah. Uji keefektifan dilakukan dengan hasil uji N Gain diperoleh sebesar 0,734 dengan kategori tinggi. Hal ini menunjukkan kriteria keberhasilan telah tercapai dengan menggunakan game edukasi berbasis masalah masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan pancasila di SD Negeri 4 Pangkalanbaru.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Problem-Based Learning Game, MDLC, Pancasila Education
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Teknologi Pembelajaran (S2)
Depositing User: Aprima
Date Deposited: 24 Jul 2023 10:42
Last Modified: 24 Jul 2023 10:42
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16812

Actions (login required)

View Item View Item