Br Tarigan, Apriyani (2023) PENGGUNAAN MEDIA TIKTOK HI_ERISA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII SMP KATOLIK SANTO PAULUS SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1912013003-COVER.pdf Download (480kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1912013003-ABSTRAK.pdf Download (59kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1912013003-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (241kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
1912013003-BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (187kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1912013003-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (242kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1912013003-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (546kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1912013003-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (66kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1912013003-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (186kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1912013003-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Dengan desain penelitian tindakan kelas (PTK), penelitian ini memiliki tujuan untuk (1) mendeskripsikan implementasi pembelajaran siswa kelas VII SMP Katolik Santo Paulus Singaraja dalam menulis teks prosedur dengan media TikTok Hi_erisa, (2) meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Katolik Santo Paulus Singaraja dalam menulis teks prosedur dengan media TikTok Hi_erisa, dan (3) mendeskripsikan respon siswa kelas VII SMP Katolik Santo Paulus Singaraja menggunakan TikTok Hi_erisa. Observasi, pengujian, dan kuesioner digunakan sebagai metode pengumpulan data, dan teknik analisis data deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif digunakan untuk menganalisis data yang ditemukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan pembelajaran dalam penggunaan media Hi_erisa TikTok menekankan pada penyiapan media dan pengelolaan kelas yang baik, (2) penggunaan media TikTok Hi_erisa dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membuat teks prosedur. Pada pra-tindakan, siswa memperoleh skor rata-rata 69 dengan kategori cukup, sedangkan siswa memperoleh skor rata-rata 73,96 dengan kategori cukup pada siklus I, dan pada siklus II siswa memperoleh skor rata-rata 85,2 dengan kategori baik, (3) Pemanfaatan media Hi_erisa TikTok mendapat tanggapan yang baik dari siswa. Pada siklus I rata-rata yang didapatkan adalah 25,3 dengan kategori positif dan peningkatan ditemukan pada siklus II dengan kategori positif sebesar 26. Kata-kata kunci: media TikTok, teks prosedur
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata-kata kunci: media TikTok, teks prosedur |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Sepri Sri Bina Br Naibaho |
Date Deposited: | 25 Jul 2023 06:17 |
Last Modified: | 25 Jul 2023 06:17 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16911 |
Actions (login required)
View Item |