PENGEMBANGAN MODUL DIGITAL BERBASIS MULTI REPRESENTASI BERBANTUAN AUGMENTED REALITY PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VIII

Permana, I Made Dion (2023) PENGEMBANGAN MODUL DIGITAL BERBASIS MULTI REPRESENTASI BERBANTUAN AUGMENTED REALITY PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VIII. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1913011015-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1913011015-ABSTRAK.pdf

Download (113kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913011015-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (208kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913011015-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (442kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913011015-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (880kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913011015-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1913011015-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913011015-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (244kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1913011015-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa pada materi bangun ruang sisi datar disebabkan oleh kurangnya pemahaman konsep. Suatu konsep akan lebih mudah dipahami jika konsep tersebut ditemukan sendiri oleh siswa. Dalam memahami suatu konsep, setiap siswa memiliki gaya belajar yang berbeda-beda. Oleh sebab itu diperlukan suatu bahan ajar yang bisa mengakomodasi penemuan konsep secara mandiri dan memfasilitasi gaya belajar siswa yang berbeda-beda. Namun pada proses pembelajaran di sekolah, penggunaan bahan ajar seperti ini masih sangat minim. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul digital berbasis multi representasi berbantuan augmented reality pada materi bangun ruang sisi datar untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas VIII. Pengembangan modul digital ini menggunakan model ADDIE dengan berbantuan website Heyzine.com. Uji validitas isi/materi dan kelayakan media dilakukan dengan uji pakar dan dianalisis menggunakan angket penilaian LORI, uji kepraktisan dilakukan dengan pemberian angket kepada guru dan siswa, dan uji efektivitas dilakukan dengan penilaian tes pemahaman konsep. Uji kelayakan isi/materi dengan rata-rata nilai sebesar 4,9 yang berada pada kriteria sangat tinggi. Selanjutnya, uji kelayakan media mendapatkan rata-rata nilai sebesar 4,75 yang dikategorikan sangat tinggi. Pada uji coba kepada 32 siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Petang, didapatkan hasil angket yang diisi oleh guru dan siswa pada uji kepraktisan termasuk ke dalam kategori sangat baik dengan rata-rata skor total 4,74. Selain itu, modul digital yang dikembangkan efektif digunakan dalam pembelajaran dengan persentase ketuntasan siswa sebesar 97,75% dengan jumlah ketuntasan siswa 30 dari 32 siswa. Dengan dikembangkannya modul digital berbasis multi representasi berbantuan augmented reality maka proses pembelajaran di kelas tidak hanya membantu siswa dalam memahami suatu konsep secara mandiri, tetapi juga membuat siswa nyaman belajar karena sesuai dengan gaya belajarnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: modul digital, multi representasi, augmented reality, pemahaman konsep
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: I Made Dion Permana
Date Deposited: 26 Jul 2023 01:38
Last Modified: 26 Jul 2023 01:38
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17006

Actions (login required)

View Item View Item