Situmeang, Frestika Dwinanda (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ELPSA BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1913011034-COVER.pdf Download (416kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1913011034-ABSTRAK.pdf Download (57kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913011034-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (198kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913011034-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (430kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913011034-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (233kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913011034-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (241kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1913011034-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (52kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913011034-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (176kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1913011034-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan guna mencari tahu perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar menggunakan model ELPSA berbantuan Geogebra dengan yang belajar menggunakan model konvensional. Jenis penelitian ini ialah quasi experimental dengan pretest posttest control group design. Dalam penelitian ini populasi sebanyak 8 kelas dengan total keseluruhan 243 siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sukasada, Singaraja Tahun Ajaran 2022/2023. Sampel kajian yang digunakan ialah 2 kelas yaitu kelas VIII C selaku kelas eksperimen dan kelas VIII D selaku kelas kontrol dengan masing-masing kelas sebanyak 31 siswa dan total 62 siswa yang terpilih mempergunakan teknik cluster random sampling. Uji kesetaraan kemampuan awal sampel didapat melalui hasil pretest yang menunjukkan bahwa kedua kelas dapat digunakan sebagai sampel penelitian. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini ialah data kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Instrumen yang dipergunakan dalam mengumpulkan data adalah tes uraian yang tersusun atas 5 soal. Analisis yang dipergunakan untuk menguji hipotesis ialah Uji Paired Sample T-Test dengan taraf signifikansi 5% (alpha=0,05). Hasil analisis data adalah nilai sig= 0.001 < 0,05, yang menampilkan bahwasanya ada perbedaan secara signifikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran ELPSA berbantuan Geogebra dengan yang menggunakan model konvensional. Rata-rata nilai kemampuan pemecahan permasalahan matematis siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model ELPSA berbantuan Geogebra lebih tinggi dibanding yang menggunakan model konvensional. Maka dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar dengan model ELPSA berbantuan Geogebra mampu memberi pengaruh secara positif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ELPSA, geogebra, kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, konvensional, pembelajaran matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Frestika Dwinanda Situmeang |
Date Deposited: | 26 Jul 2023 05:24 |
Last Modified: | 26 Jul 2023 05:24 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17115 |
Actions (login required)
View Item |