ANALISA KEPUASAN PENGGUNA LAYANAN E-LEARNING POLITEKNIK PARIWISATA BALI DI MASA PANDEMI COVID-19 MENGGUNAKAN METODE PIECES

Cipta, I Putu Agus Eka Yatna (2023) ANALISA KEPUASAN PENGGUNA LAYANAN E-LEARNING POLITEKNIK PARIWISATA BALI DI MASA PANDEMI COVID-19 MENGGUNAKAN METODE PIECES. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (Cover)
1929101021-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Abstrak)
1929101021-ABSTRAK.pdf

Download (260kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
1929101021-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (244kB)
[img] Text (Bab 2 Kajian Teori)
1929101021-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Bab 3 Metodelogi Penelitian)
1929101021-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (422kB) | Request a copy
[img] Text (Bab 4 Hasil Dan Pembahasan)
1929101021-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (682kB) | Request a copy
[img] Text (Bab 5 Penutup)
1929101021-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
1929101021-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (226kB)
[img] Text (Lampiran)
1929101021-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Selama pandemi Covid-19 ini, layanan teknologi informasi yang dapat dihadirkan di bidang pendidikan agar tetap dapat membantu terlaksananya proses pembelajaran, yaitu pembelajaran melalui layanan e-Learning. Layanan pembelajaran e-Learning, adalah proses belajar mengajar berbasis online learning. Pelayanan informasi melalui internet ini telah diwujudkan oleh Politeknik Pariwisata Bali dalam bentuk situs http://E-Learning.ppb.ac.id/login, Situs ini dirancang secara khusus oleh pihak perguruan tinggi dan terintegrasi dengan data- data kemajuan akademik untuk memberikan pelayanan terbaik kepada mahasiswa yang makin akrab dengan teknologi informasi, khususnya layanan teknologi informasi yang sangat dibutuhkan untuk menghadapi segala keterbatasan selama pandemi Covid-19. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna pada layanan e-Learning menggunakan metode PECES. PIECES framework merupakan kerangka kerja yang dapat digunakan untuk menganalisa sistem informasi. Di dalam kerangka kerja PIECES terdapat enam variabel yang dapat digunakan untuk melakukan analisa pengukuran kualitas sistem, seperti performance, information, economic, control, efficiency, dan services. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner kemudian disebar kepada 368 mahasiswa yang terbagi berdasarkan Angkatan 2018 hingga angkatan 2021 sebagai pengguna layanan e-Learning. Berdasarkan hasil analisa data yang telah terkumpul, dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata tingkat kepuasan pada berbagai variabel adalah sebagai berikut: variabel performance memiliki nilai 3.75; variabel information memiliki nilai 3.82; variabel economic memiliki nilai 3.84; variabel control memiliki nilai 3.74; variabel efficiency memiliki nilai 3.7; dan variabel service memiliki nilai 3.84. Jika keseluruhan nilai tersebut dikombinasikan dengan tingkat kepuasan, menurut Kaplan dan Norton, dapat disimpulkan bahwa tingkat kepuasan pengguna terhadap e-Learning termasuk dalam kategori puas.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: user experience, usability, pembelajaran daring, kerangka kerja pieces
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Ilmu Komputer (S2)
Depositing User: I PUTU AGUS EKA YATNA CIPTA
Date Deposited: 25 Oct 2023 08:24
Last Modified: 25 Oct 2023 08:24
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18028

Actions (login required)

View Item View Item