Radharani, Made Sri (2023) Pengaruh Pendekatan STEM Dengan Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematis Siswa. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1923011022-COVER.pdf Download (462kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1923011022-ABSTRAK.pdf Download (138kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1923011022-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (177kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1923011022-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (379kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1923011022-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (439kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1923011022-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (408kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1923011022-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (52kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1923011022-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (111kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1923011022-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Sri Radharani, Made (2023), Pengaruh Pendekatan STEM Dengan Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematis Siswa. Tesis, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha Tesis ini sudah dikoreksi dan diperiksa oleh Pembimbing I: Prof.Dr. I Nengah Suparta, M.Si., dan Pembimbing II: Prof.Dr.Phil. I Gusti Putu Sudiarta, M.Si. Kata Kunci : Pendekatan STEM, Project Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, dan Disposisi Matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah: (1) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang dibelajarkan menggunakan pendekatan STEM dengan Project Based Learning lebih baik dari pada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional; (2) disposisi matematis siswa yang dibelajarkan menggunakan pendekatan STEM dengan Project Based Learning lebih baik dari pada disposisi matematis siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional; (3) secara simultan kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis siswa yang dibelajarkan menggunakan pendekatan STEM dengan Project Based Learning lebih baik dari pada siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan Post Test Only Control Group Desain. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X Tata Boga SMK Negeri 2 Bangli, dan sampelnya adalah siswa kelas X TB1 dan X TB 3 yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Sampel yang terpilih adalah siswa X TB3 sebagai kelompok eksperimen yang dibelajarkan menggunakan pendekatan STEM dengan Project Based Learning dan siswa kelas X TB1 sebagai kelompok kontrol yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Data kemampuan pemecahan masalah matematis dikumpulkan dengan tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan data disposisi matematis dikumpulkan dengan angket disposisi matematis. Data dianalisis dengan statistik inferensial menggunakan multivariate analysis of variance (MANOVA) dengan taraf signifikansi 0.05. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa (1) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang dibelajarkan menggunakan pendekatan STEM dengan Project Based Learning lebih baik dari pada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional; (2) disposisi matematis siswa yang dibelajarkan menggunakan pendekatan STEM dengan Project Based Learning lebih baik dari pada disposisi matematis siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional; (3) secara simultan kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis siswa yang dibelajarkan menggunakan pendekatan STEM dengan Project Based Learning lebih baik dari pada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan STEM, Project Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, dan Disposisi Matematis |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S2) |
Depositing User: | Made Sri Radharani |
Date Deposited: | 26 Oct 2023 06:43 |
Last Modified: | 26 Oct 2023 06:43 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18074 |
Actions (login required)
View Item |