PENGEMBANGAN GAME EDUKASI “BATTLE OF MAZE” PADA POKOK BAHASAN OPERASI BILANGAN BULAT UNTUK SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR

Tamira, Putu Catherine (2023) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI “BATTLE OF MAZE” PADA POKOK BAHASAN OPERASI BILANGAN BULAT UNTUK SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1913011039-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1913011039-ABSTRAK.pdf

Download (216kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913011039-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (343kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913011039-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (385kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913011039-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (386kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913011039-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1913011039-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913011039-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (262kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1913011039-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pada penelitian ini dikembangkan suatu media pembelajaran berbasis game edukasi pada pokok bahasan operasi bilangan bulat yang diberi nama “Battle of Maze”. Game edukasi ini ditujukan sebagai media pembelajaran suplemen yang membantu siswa melakukan latihan soal operasi hitung bilangan bulat secara bertahap dan menyenangkan. Ada dua tujuan yang mendasari penelitian ini yakni, 1) Mendeskripsikan rancang bangun game edukasi “Battle of Maze” yang dikembangkan; dan 2) Mengetahui tingkat kelayakan dan kepraktisan dari game edukasi “Battle of Maze” yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D oleh Thiagarajan, tetapi hanya sampai tahap ketiga yaitu tahap pengembangan. Game edukasi Battle of Maze telah teruji tingkat kelayakannya berdasarkan penilaian dua ahli materi dan media menggunakan angket LORI (Learning Object Review Instrument) dengan perolehan rata-rata skor sebesar 4.95 dari ahli materi dan 4.69 dari ahli media yang termasuk ke dalam kriteria kelayakan sangat baik. Selanjutnya telah teruji tingkat kepraktisannya melalui uji coba terbatas kepada seorang guru dan 30 orang siswa di SD Negeri 1 Sangsit dengan perolehan rata-rata skor angket respon guru dan siswa masing-masing sebesar 5 dan 4.62 yang berarti game edukasi Battle of Maze pada pokok bahasan operasi bilangan bulat kelas VI SD memiliki kepraktisan yang sangat tinggi. Dengan demikian game edukasi Battle of Maze pada pokok bahasan operasi bilangan bulat kelas VI Sekolah Dasar dapat dikatakan layak dan praktis sebagai media pembelajaran suplemen yang menyenangkan. Namun, hanya dapat diakses pada smartphone dengan sistem Android 8.0 ke atas dan tidak tersedia di Play Store sehingga perlu menginstalnya melalui tautan Google Drive yang disediakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: game edukasi, labirin (maze), operasi bilangan bulat
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Putu Catherine Tamira
Date Deposited: 26 Oct 2023 07:14
Last Modified: 26 Oct 2023 07:14
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18096

Actions (login required)

View Item View Item