PENGEMBANGAN MEDIA VIRTUAL REALITY FIELD TRIPS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR, HASIL BELAJAR, DAN RETENSI BELAJAR IPS KELAS IV SEKOLAH DASAR

Supriadi, Mardiki (2023) PENGEMBANGAN MEDIA VIRTUAL REALITY FIELD TRIPS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR, HASIL BELAJAR, DAN RETENSI BELAJAR IPS KELAS IV SEKOLAH DASAR. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (1639031007-COVER)
1639031007-Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text (1639031007-ABSTRAK)
1639031007-Abstrak.pdf

Download (230kB)
[img] Text (1639031007-BAB 1 PENDAHULUAN)
1639031007-Bab 1 Pendahuluan.pdf

Download (562kB)
[img] Text (1639031007-BAB 2 KAJIAN TEORI)
1639031007-Bab 2 Kajian Teori.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (644kB) | Request a copy
[img] Text (1639031007-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1639031007-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (646kB) | Request a copy
[img] Text (1639031007-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1639031007-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (1639031007-BAB 5 PENUTUP)
1639031007-Bab 5 Penutup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB) | Request a copy
[img] Text (1639031007-DAFTAR PUSTAKA)
1639031007-Daftar Pustaka.pdf

Download (470kB)
[img] Text (1639031007-LAMPIRAN)
1639031007-Lampiran.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media Virtual Reality Field Trips (VRFT) guna meningkatkan aktivitas belajar, hasil belajar, dan retensi belajar mata pelajaran IPS pada siswa kelas IV sekolah dasar. Model pengembangan yang digunakan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) dengan evaluasi formatif pada tiap-tiap langkah yang melibatkan ahli sesuai bidangnya. Media VRFT dapat dioperasikan pada smartphone android. Efektivitas media diuji pada evaluasi sumatif melalui eksperimen dengan desain post-test only control group. Uji Eksperimen dilakukan pada enam sekolah dasar di Bali, dengan melibatkan tiga variabel terikat, yaitu aktivitas, retensi belajar, dan hasil belajar siswa. Data dikumpulkan dengan angket dan tes dan dianalisis dengan uji Kruskal Wallis. Hasil analisis menunjukkan bahwa media VRFT dapat digunakan dalam pembelajaran IPS. Media pembelajaran VRFT efektif dalam meningkatkan aktivitas siswa secara signifikan (Chi-Square = 4,575, Asymp. Sig. = 0,032 < 0,05), namun tidak signifikan dalam meningkatkan retensi belajar (Chi-Square = 0,172, Asymp. Sig. = 0,679 > 0,05) dan hasil belajar siswa (Chi-Square = 1,094, Asymp. Sig. = 0,296 > 0,05). Media VRFT dapat digunakan dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Media VRFT, Aktivitas, Retensi, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S3)
Depositing User: Mardiki Supriadi
Date Deposited: 26 Oct 2023 13:51
Last Modified: 26 Oct 2023 13:51
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18192

Actions (login required)

View Item View Item