Devantari, Ni Made Ayu Vidi (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Perubahan Wujud Benda Di Kelas IV SD Negeri 9 Padangsambian Tahun Ajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031147-COVER.pdf Download (459kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031147-ABSTRAK.pdf Download (59kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
2011031147-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (153kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031147-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (251kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031147-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (391kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031147-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031147-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (81kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031147-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (197kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031147-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun, mengetahui kelayakan dan mengetahui efektivitas media pembelajaran permainan ular tangga berbasis problem based learning pada mata pelajaran IPAS materi perubahan wujud benda di kelas IV SD Negeri 9 Padangsambian tahun ajaran 2023/2024. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah analisis deskriptif kualitatif, kuantitatif, serta analisis statistik inferensial. Hasil penelitian ini adalah (1) Rancang bangun media pembelajaran permainan ular tangga berbasis problem based learning yang terdiri dari beberapa tahap yaitu, tahap analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi dengan hasil penilaian dari ahli rancang bangun sebesar 90,90% (sangat baik), (2) Media pembelajaran permainan ular tangga dinyatakan layak berdasarkan uji ahli isi/materi pembelajaran sebesar 91,07% (sangat baik), uji ahli desain pembelajaran sebesar 90% (sangat baik), uji ahli media pembelajaran sebesar 90,90% (sangat baik), uji kepraktisan media sebesar 92,18% (sangat baik), uji coba perorangan sebesar 92,5% dan uji coba kelompok kecil sebesar 92,5% (sangat baik). (3) Berdasarkan hasil uji-t sample dependent, diperoleh t-hitung sebesar 9,591 dan t-tabel pada taraf signifikansi 5% adalah sebesar 2,037. Hasil tersebut menunjukan bahwa t-hitung > t-tabel (9,591 > 2,037), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran permainan ular tangga berbasis problem based learning efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perubahan wujud benda di kelas IV SD Negeri 9 Padangsambian.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan, media pembelajaran, permainan ular tangga, problem based learning, perubahan wujud benda |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Made Ayu Vidi Devantari |
Date Deposited: | 14 Feb 2024 12:59 |
Last Modified: | 14 Feb 2024 12:59 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18600 |
Actions (login required)
View Item |