Pancani, Putu Tri (2024) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN APLIKASI GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1913011063-COVER.pdf Download (739kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1913011063-ABSTRAK.pdf Download (197kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913011063-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (240kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913011063-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913011063-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913011063-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1913011063-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (164kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913011063-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (567kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1913011063-LAMPIRAN.pdf Download (13MB) |
Abstract
Kemampuan berpikir komputasi adalah salah satu keterampilan yang penting untuk dikembangkan guna menghadapi era society 5.0. Penelitian ini dilakukan guna mencari tahu serta mengamati pengaruh model PjBL berbantuan aplikasi GeoGebra terhadap kemampuan berpikir komputasi siswa. Jenis penelitian ini adalah kuasi-eksperimental, dengan menggunakan post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMPN 2 Singaraja. Pemilihan sampel menggunakan teknik cluster random sampling, kelas yang terpilih kelas VIII 1 sebagai kelas eksperimen, kelas kelas VIII 5 sebagai kelas pembanding, dan kelas VIII 6 sebagai kelas kontrol. Uji kesetaraan kelas diuji berdasarkan nilai sumatif akhir semester genap tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik tes dengan jenis soal uraian. Skor post-test digunakan untuk menyusun data kemampuan berpikir komputasi siswa, kemudian dianalisis menggunakan ANAVA satu jalur serta uji lanjut pasca ANAVA satu jalur menggunakan uji Scheffe pada taraf signifikan 5%. Hasil uji Scheffe menunjukkan kemampuan berpikir komputasi setiap sampel berbeda sehingga rata-rata skor dijadikan acuan untuk melihat mana yang lebih baik. Siswa kelompok eksperimen memperoleh rata-rata 77,13; kelompok pembanding 69,38; dan kelompok kontrol 53,88. Jika dilihat perolehan rata-rata, maka tampak bahwa kelompok eksperimen lebih unggul dari kelompok pembanding dan kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kemampuan berpikir komputasi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Singaraja. Kata Kunci : Model PjBL, Aplikasi GeoGebra, Kemampuan Berpikir Komputasi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model PjBL, Aplikasi GeoGebra, Kemampuan Berpikir Komputasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Putu Tri Pancani |
Date Deposited: | 22 Feb 2024 01:05 |
Last Modified: | 22 Feb 2024 01:05 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18856 |
Actions (login required)
View Item |