Mentari, Ni Kadek (2024) THE APPLICATION OF THE SHAPE POEM TECHNIQUE THROUGH PROJECT-BASED LEARNING ON 5TH-GRADE STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY AT SD NEGERI 1 BANJAR JAWA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2012021004-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2012021004-ABSTRAK.pdf Download (251kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2012021004-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (273kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2012021004-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (431kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2012021004-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (797kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2012021004-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2012021004-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (237kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2012021004-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (483kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2012021004-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan teknik puisi bentuk melalui pembelajaran berbasis proyek terhadap penguasaan kosakata siswa kelas 5, dan menganalisis persepsi guru mengenai penerapan teknik puisi bentuk melalui pembelajaran berbasis proyek pada siswa kelas 5. penguasaan kosakata. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian metode campuran yang menggunakan penelitian kuantitatif dan didukung dengan analisis kualitatif. Penelitian ini menggunakan desain pra-eksperimental, one group pre-test dan post-test. Instrumen penelitian ini adalah pre-test dan post-test, angket, dan wawancara. Peneliti menggunakan rumus Gregory untuk memeriksa validitas, dan menggunakan Cohen's Kappa untuk memeriksa reliabilitas tes dan angket yang digunakan. Analisis statistik terdiri dari statistik deskriptif dan statistik inferensial dari pre-test dan post-test siswa yang digunakan untuk membandingkan kemampuan siswa sebelum dan sesudah perlakuan. Sedangkan untuk melihat persepsi guru, peneliti menggunakan angket dan wawancara untuk mendukung temuan peneliti. Sampel penelitian adalah 38 siswa kelas 5A SD Negeri 1 Banjar Jawa Singaraja. Hasilnya menunjukkan sig. (2-tailed) adalah 0,000, dimana tingkat signifikan yang diamati (sig. 2-tailed) lebih kecil dari tingkat alpha standar (α=0,05). Artinya terdapat pengaruh yang signifikan mengenai penerapan teknik puisi bentuk melalui pembelajaran berbasis proyek terhadap penguasaan kosakata siswa kelas 5 SD. Selain itu, hasil yang diperoleh juga menunjukkan bahwa guru memberikan respon positif mengenai penerapan teknik puisi bentuk melalui pembelajaran berbasis proyek. Oleh karena itu penerapan teknik puisi bentuk melalui pembelajaran berbasis proyek sangat dianjurkan karena mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap penguasaan kosakata siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran berbasis proyek, teknik puisi bentuk, penguasaan kosakata, persepsi |
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Mentari |
Date Deposited: | 20 Feb 2024 00:09 |
Last Modified: | 20 Feb 2024 00:09 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18901 |
Actions (login required)
View Item |