THE APPLICATION OF SHAPE POEM TECHNIQUE THROUGH PROJECT-BASED LEARNING ON 7TH GRADE STUDENTS’ WRITING SKILLS AT SMP NEGERI 1 SINGARAJA

Tia Mahayoni, Ni Putu (2024) THE APPLICATION OF SHAPE POEM TECHNIQUE THROUGH PROJECT-BASED LEARNING ON 7TH GRADE STUDENTS’ WRITING SKILLS AT SMP NEGERI 1 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2012021003-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2012021003-ABSTRAK.pdf

Download (211kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2012021003-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (186kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
2012021003-BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2012021003-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (475kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2012021003-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (558kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2012021003-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2012021003-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (236kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2012021003-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam pembelajaran bahasa Inggris, siswa sering kali mengalami kesulitan dalam memahami materi, terutama ketika menguasai keterampilan menulis, yang merupakan aspek yang paling menantang dalam kemahiran berbahasa. Pemilihan teknik dan metode pengajaran yang tepat dapat secara substansial mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh penerapan Teknik Shape Poem melalui Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap keterampilan menulis siswa kelas tujuh di SMP Negeri 1 Singaraja. Penelitian ini menggunakan desain metode campuran yang mencakup penelitian kuantitatif dan juga analisis kualitatif, dengan menggunakan desain pra-eksperimental satu kelompok pre-test dan post-test. Sampel dari penelitian ini adalah 38 siswa kelas tujuh di SMP Negeri 1 Singaraja. Dalam mengumpulkan data, tes diberikan sebelum dan sesudah perlakuan. Pre-test diberikan sebelum siswa diberikan perlakuan untuk mengetahui kemampuan awal siswa dalam menulis. Setelah perlakuan dilaksanakan, post-test diberikan untuk melihat apakah keterampilan menulis siswa meningkat. Kuesioner digunakan untuk melihat persepsi guru bahasa Inggris mengenai teknik dan metode yang diterapkan. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan yang signifikan pada nilai pre-test dan post-test siswa. Hasilnya menunjukkan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0.000, yang lebih rendah dari tingkat alpha standar (α = 0.05), sehingga dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menulis siswa. Hal ini juga didukung oleh sudut pandang positif terkait penerapan Teknik Shape Poem melalui Pembelajaran Berbasis Proyek. Kombinasi antara Teknik Shape Poem dan pembelajaran berbasis proyek menciptakan lingkungan belajar baru yang menyenangkan, kreatif, dan kolaboratif yang dapat menjadi sudut pandang baru bagi para pendidik yang ingin menerapkan teknik pembelajaran otentik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan menulis, teknik puisi berbentuk, pembelajaran berbasis proyek,
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Ni Putu Tia Mahayoni
Date Deposited: 20 Feb 2024 01:06
Last Modified: 20 Feb 2024 01:06
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18946

Actions (login required)

View Item View Item