PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID BERMUATAN KEARIFAN LOKAL GENDING RARE PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS 5 SD

Suarningsih, Ni Made Milayani (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID BERMUATAN KEARIFAN LOKAL GENDING RARE PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS 5 SD. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2229041005-COVER.pdf

Download (178kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2229041005-ABSTRAK.pdf

Download (49kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229041005-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (172kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229041005-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (306kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229041005-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229041005-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (385kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2229041005-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229041005-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (200kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2229041005-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan (1) Media Pembelajaran Game Edukasi Berbasis Android yang valid, praktis dan efektif meningkatkan hasil belajar IPA. (2) Adanya muatan Kearifan Lokal Gending Rare Pada Mata Pelajaran IPA Kelas 5 SD diharapkan dapat menumbuhkan ketertarikan terhadap budaya lokal yang ada di Bali. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluation). Instrumen pada penelitian ini yaitu kuesioner/angket validasi dan kepraktisan, serta tes pilihan ganda. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan statistik inferensial. Hasil penelitian ini adalah (1) Media Pembelajaran Game Edukasi Berbasis Android Bermuatan Kearifan Lokal Gending Rare Pada Mata Pelajaran IPA Kelas 5 SD dalam bentuk aplikasi yang dapat diinstal pada smartphone. (2) Persentase tingkat pencapaian validitas dan kepraktisan berdasarkan uji coba yaitu: (a) Ahli media pembelajaran sebesar 95,79% dengan kualifikasi "Sangat Valid dan Layak digunakan"; (b) Ahli materi pembelajaran tematik SD yaitu sebesar 93,85% dengan kualifikasi "Sangat Valid dan Layak digunakan"; (c) Uji coba oleh praktisi yaitu sebesar 97,62% dengan kualifikasi "Sangat Praktis dan Menarik"; (d) Uji coba oleh siswa sebesar 96,67% dengan kualifikasi "Sangat Praktis dan Menarik". (3) Berdasarkan perhitungan hasil pretest dan posttest dengan uji-t sampel berkorelasi diketahui bahwa rata-rata nilai pretest sebesar 59,68 dan posttest sebesar 81,60 dengan nilai sig. (2-tailed) kurang dari 0,05. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Media Pembelajaran Game Edukasi Berbasis Android Bermuatan Kearifan Lokal Gending Rare Pada Mata Pelajaran IPA Kelas 5 SD valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: game edukasi, android, kearifan lokal, gending rare, pembelajaran IPA kelas 5 SD
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Ni Made Milayani Suarningsih
Date Deposited: 21 Feb 2024 06:38
Last Modified: 21 Feb 2024 06:38
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19144

Actions (login required)

View Item View Item