Santika Jaya, I Made (2024) PENGARUH VARIASI DIAMETER VELG RODA KENDARAAN TERHADAP PERFORMANSI SEPEDA MOTOR DENGAN SISTEM TRANSMISI MANUAL. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1915071024_COVER.pdf Download (673kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1915071024_ABSTRAK.pdf Download (430kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1915071024_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (447kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1915071024_BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1915071024_BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (855kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1915071024_BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (999kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1915071024_BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (426kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1915071024_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (543kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1915071024_LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
PENGARUH VARIASI DIAMETER VELG RODA KENDARAAN TERHADAP PERFORMANSI SEPEDA MOTOR DENGAN SISTEM TRANSMISI MANUAL Oleh I Made Santika Jaya, NIM 1915071024 Program Studi Pendidikan Teknik Mesin ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi diameter velg roda kendaraan terhadap performansi sepeda motor dengan sistem transmisi manual. Penelitian ini dilaksanakan karena banyak masyarakat yang belum mengetahui tujuan dari pabrikan memproduksi kendaraan dengan ukuran diameter roda yang berbeda – beda, penelitian ini juga dilaksanakan karena belum adanya penelitian yang mengkaji tentang pengaruh diameter roda terhadap peforma kendaraan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang akan mencari pengaruh dari penggunaan variasi diameter velg roda kendaraan terhadap torsi, daya, dan konsumsi bahan bakar. Velg roda yang diujikan diantaranya velg roda berdiameter 14 inchi (variasi 1), 17 inchi (kondisi standar), dan 18 inchi (variasi 2). Untuk teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif kuantitatif. Setelah dilakukan pengujian didapatkan hasil peningkatan tertinggi nilai torsi yaitu pada penggunaan velg roda variasi ke-2 yaitu sebesar 14,03 %. Kemudian peningkatan tertinggi nilai daya yaitu pada penggunaan velg roda variasi ke-2 yaitu sebesar 5,77 % dan tidak terdapat peningkatan ataupun penurunan pada konsumsi bahan bakar. Kata Kunci: Velg Roda; Torsi; Daya; Konsumsi Bahan Bakar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Velg Roda; Torsi; Daya; Konsumsi Bahan Bakar |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Teknik Mesin (S1) |
Depositing User: | I Made Santika Jaya |
Date Deposited: | 25 Mar 2024 05:15 |
Last Modified: | 25 Mar 2024 05:15 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19551 |
Actions (login required)
View Item |