Suartama, I Komang Adi (2024) PENGEMBANGAN KONTEN PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI LAYANAN JARINGAN KELAS XI DI SMK NEGERI 3 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1715051126-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1715051126-ABSTRAK.pdf Download (31kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1715051126-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (144kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
1715051126-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (353kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1715051126-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (577kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1715051126-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1715051126-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (136kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1715051126-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (253kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1715051126-LAMPIRAN.pdf Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan konten pembelajaran interaktif berbasis Problem Based Learning pada mata pelajaran Teknologi Layanan Jaringan Kelas XI di SMK Negeri 3 Singaraja serta untuk mengetahui respons pendidik dan peserta didik terhadap konten pembelajaran interaktif yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research & Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI TKJ sebanyak 31 peserta didik dan satu orang guru mata pelajaran Teknologi Layanan Jaringan Kelas XI di SMK Negeri 3 Singaraja. Ada beberapa instrumen angket yang digunakan untuk memperoleh data dalam penelitian ini yaitu angket uji validasi ahli, angket uji perorangan, angket uji kelompok kecil, angket uji lapangan, angket uji respons peserta didik dan guru. Hasil dari uji ahli isi pembelajaran dan media pada konten pembelajaran interaktif mendapatkan rata-rata sebesar 1,00 dengan tingkat validitas sangat tinggi dan kriteria sangat valid. Untuk uji efektivitas konten pembelajaran interaktif mendapat nilai N-Gain sebesar 0,8 dan masuk pada interpretasi efektif. Untuk kepraktisan dari konten pembelajaran interaktif berdasarkan pada respons peserta didik secara keseluruhan memperoleh kriteria sangat baik sebesar 100% dan dapat dinyatakan praktis, sedangkan untuk kepraktisan dari konten pembelajaran interaktif berdasarkan pada respons guru secara keseluruhan memperoleh kriteria sangat baik sebesar 70% dan baik sebesar 30% serta dapat dinyatakan praktis. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu konten pembelajaran yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria kualitas produk yang sangat valid, efektif, dan praktis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konten Pembelajaran Interaktif, Teknologi Layanan Jaringan, Problem Based Learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | I KOMANG ADI SUARTAMA |
Date Deposited: | 26 Mar 2024 05:52 |
Last Modified: | 26 Mar 2024 05:52 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19560 |
Actions (login required)
View Item |