Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Proyek Berbantuan Simulasi PhET pada Materi Bentuk Molekul untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik.

Riski Madani, Barokatu (2024) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Proyek Berbantuan Simulasi PhET pada Materi Bentuk Molekul untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2013031006-COVER.pdf

Download (569kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2013031006-ABSTRAK.pdf

Download (218kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013031006-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (248kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013031006-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (654kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
2013031006-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (602kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013031006-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2013031006-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013031006-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (249kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2013031006-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Hasil belajar kimia pada materi bentuk molekul rendah. Hal ini disebabkan kurangnya bahan ajar, materi bentuk molekul yang abstrak, kurangnya visualisasi pada bentuk molekul, dan pembelajaran yang konvensional. Berdasarkan permasalahan tersebut, sehingga diperlukan sebuah bahan ajar berupa LKPD untuk memandu peserta didik memahami materi bentuk molekul dan memberikan visualisasi pada semua bentuk molekul. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis proyek berbantuan simulasi PhET yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil penelitian didapatkan: 1) Karakteristik LKPD membedakan dengan yang lainnya adalah pada topik bentuk molekul yang menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dengan berbantuan simulasi PhET. LKPD dicetak pada kertas ukuran A4 dengan memuat komponen sampul, prakata, daftar isi, petunjuk penggunaan, langkah kerja, dan daftar pustaka. 2) Validitas dari para ahli didapatkan skor rata-rata ahli isi sebesar 1,0 terkategori sangat valid, media sebesar 3,57 terkategori sangat valid, dan bahasa sebesar 3,87 terkategori sangat valid. 3) Keterbacaan menunjukkan bahwa LKPD mudah terbaca dan dipahami atau dimengerti oleh peserta didik. 4) Kepraktisan didapatkan skor rata-rata 3,68 oleh guru dan 3,62 oleh siswa dengan kategori sangat praktis. 5) Keefektifan pada ranah kognitif didapatkan hasil N-Gain skor 0,77 terkategori tinggi dan persentase skor N-Gain didapatkan 77%, dengan menggunakan tafsiran efektivitas N-Gain termasuk padakategori efektif. Hasil uji proporsi satu sampel menujukkan hasil sig 0,021 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak dengan kesimpulan kriteria ketuntasan minimal individu lebih dari 0,85. Pada ranah psikomotorik didapatkan rata-rata sebesar 86,22 terkategori sangat baik. Pada ranah afektif didapatkan rata-rata sebesar 84 terkategori sangat baik. Kata Kunci : bentuk molekul, hasil belajar, LKPD, proyek, simulasi PhET

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: bentuk molekul, hasil belajar, LKPD, proyek, simulasi PhET
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Kimia > Program Studi Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Barokatu Riski Madani
Date Deposited: 30 May 2024 00:29
Last Modified: 30 May 2024 00:29
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19815

Actions (login required)

View Item View Item