Andini, Ni Putu Dina Sri (2024) Pengembangan Media Game Edukasi Interaktif Fraksimatika Berpendekatan PMRI (Pendidikan Matematika Realistik Indonesia) untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Kelas V SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031085-COVER.pdf Download (362kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031085-ABSTRAK.pdf Download (53kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
2011031085-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (120kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN KAJIAN TEORI)
2011031085-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (218kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031085-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (385kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031085-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031085-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (120kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031085-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (188kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031085-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan dapat mengembangkan media game edukasi interaktif Fraksimatika berpendekatan PMRI yang valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan literasi numerasi siswa. Penelitian pengembangan ini melibatkan model ADDIE sebagai acuan tahapan pengembangan. Media game edukasi interaktif Fraksimatika berpendekatan PMRI merupakan subjek dari pengembangan dalam penelitian ini, sementara validitas, kepraktisan, serta efektivitas media game edukasi interaktif yang dikembangkan merupakan objek pengembangan dari penelitian ini. Metode wawancara, penyebaran angket, dan tes digunakan dalam penelitian ini. Penelitian pengembangan media game edukasi interaktif Fraksimatika berpendekatan PMRI memperoleh hasil yang valid, praktis, dan cukup efektif dalam meningkatkan literasi numerasi siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan perolehan hasil uji validitas dari ahli materi 0,96 dan ahli media 0,98; uji kepraktisan dari respon guru adalah 95%, dan respon siswa melalui uji coba perorangan sebesar 92,5%, uji coba kelompok kecil sebesar 92,5%; serta uji efektivitas dengan uji-t berkorelasi memperoleh hasil t hitung 14,3 lebih besar dari nilai t tabel untuk dk = 24 pada taraf signifikansi 5% adalah 2,06 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Uji N-gain score data pre-test dan post-test memperoleh nilai N-gain score sebesar 66%, termasuk pada kategori cukup efektif. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pengembangan media game edukasi interaktif Fraksimatika berpendekatan PMRI valid, praktis, dan cukup efektif untuk meningkatkan literasi numerasi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | game edukasi interaktif, PMRI, literasi numerasi, bilangan pecahan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Dina Sri Andini |
Date Deposited: | 04 Jun 2024 07:29 |
Last Modified: | 04 Jun 2024 07:29 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19858 |
Actions (login required)
View Item |